Teks Kalimat Tasbih, Takbir dan Tahmid Setelah Sholat Wajib

Konten []
    Abiabiz.com - Teks kalimat tasbih, takbir dan tahmid setelah sholat wajib. Setelah selesai melaksanakan sholat, tidak hanya yang wajib, yang sunnah pun demikian, bila ingin sholatnya lebih sempurna lagi, selain melaksanakan sholat sunnah qabliyah dan badiyah, ada dzikir yang bisa dilafadzkan.

    teks kalimat tasbih takbir tahmid setelah sholat

    Dzikir ini terdiri dari berbagai macam bacaan, tiga diantaranya adalah doa tasbih, takbir dan tahmid yang merupakan kalimat thayyibah atau kalimat yang baik yang diucapkan hanya kepada Allah SWT. Wirid atau dzikir setelah sholat ini membaca masing-masing teks kalimat tersebut sebanyak 33 kali.

    Pertama adalah membaca tasbih terlebih dahulu, kemudian melafadzkan takbir dan selanjutnya diteruskan dengan tahmid. Rangkaian doa ini juga termasuk pada doa tahlil yang dibaca untuk jenazah atau orang yang meninggal dunia.

    Baik tasbih, takbir dan tahmid sebenarnya merupakan kalimat thayyibah yang bisa dibaca selain sesudah sholat, namun hanya pada kondisi-kondisi tertentu. Di sini kita akan membahas mengenai ketiga kalimat thayyibah tersebut.

    Bagaimana bacaan doanya, teks latin, tulisan bahasa Arab, keutamaan, kapan waktu membacanya, pada saat apa dibaca, untuk siapa membaca kalimat tersebut dan serangkaian penjelasan lain mengenai teks kalimat tasbih, takbir dan tahmid.

    Teks Kalimat Tasbih

    teks kalimat tasbih subhanallah

    Pertama adalah bacaan kalimat tasbih, merupakan salah satu kalimat sempurna yang diucapkan ketika kita melihat sesuatu yang tidak biasa, jarang terjadi, peristiwa langka, kejadian aneh, tidak masuk akal dan sebagainya.

    Membaca kalimat tasbih menjadikan kita sadar bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan berkat campur tangan-Nya. Apapun yang terjadi di bumi, itu semua telah dikehendaki oleh Allah SWT, Tuhan semesta alam.

    Kalimat tasbih ini merupakan kalimat yang pendek namun luar biasa memiliki keutamaan sangat tinggi. Salah satunya ialah apabila membacanya secara istiqomah, maka Allah SWT akan membuatkan sebuah rumah di surga.

    Selain itu, dosa-dosa yang kita perbuat juga akan diampuni. Kalimat tasbih merupakan salah satu kalimat yang paling disukai oleh Allah SWT. Intinya dibaca pada saat kita merasa kagum, takjub, terpesona, terpukau ketika melihat sesuatu.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa kalimat teks tulisan tasbih bahasa Arab, latin dan bahasa Indonesia atau terjemahan sesuai sunnah secara lengkap.

    سُبْحَانَ اللهِ

    Subhaanallah.

    Artinya :
    "Maha Suci Allah."

    Teks Kalimat Takbir

    teks kalimat takbir allahu akbar

    Yang kedua adalah kalima takbir, disebut juga takbiratul ikhram pada saat sholat, yakni bacaan doa yang diucapkan setelah niat sholat dan juga sebelum doa iftitah. Doa yang juga diucapkan pada saat akan berganti gerakan sholat.

    Doa atau bacaan takbir ducapkan pula ketika melihat tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Tidak peduli hal yang baik maupun hal yang buruk. Seperti melihat hal langka, bencana alam, merasa kesal terhadap diri sendiri atau orang lain, dan sebagainya.

    Kalimat takbir ini juga menjadi kalimat pertama yang dibaca pada saat adzan, untuk memanggil seluruh umat muslim agar menunaikan sholat wajib. Kalimat tasbih adalah kalimat yang memiliki hikmah dan berkah luar biasa.

    Makna dari doa ini adalah mengagungkan nama Allah SWT, memuji dan meninggikan nama Allah Ta'ala. Meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia, baik kesenangan maupun kesedihan, kebahagiaan dan kesengsaraan, semuanya adalah kehendak-Nya.

    Berikut adalah bacaan doa teks kalimat takbir sesuai sunnah, tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap, pendek, ringkas, singkat.

    اَللهُ اَكْبَرُ

    Allahu akbar.

    Artinya :
    "Maha Suci Allah."

    Teks Kalimat Tahmid

    teks kalimat tahmid alhamdulillah

    Yang terakhir adalah tahmid, yakni bacaan doa yang diucapkan untuk menunjukkan rasa syukur dari hati yang paling dalam atas segala berkat dan karunia-Nya. Doa yang diucapkan sebagai tanda mengungkapkan rasa bersyukur atas pemberian dari Allah SWT.

    Banyak hal yang perlu kita syukuri di dunia, termasuk hidup, jantung masih berdegup, mata masih bisa melihat, tangan masih bisa bergerak, hidung masih bisa bernapas, diberi teman dan keluarga yang baik, lingungan yang sehat, lulus ujian dan sebagainya.

    Kalimat tahmid bisa pula dibaca setelah sholat sebagai ungkapan rasa syukur karena Allah SWT telah memberi kita kesempatan untuk menyembah-Nya. Menunaikan sholat fardhu adalah sebuah kewajiban. Bersyukurlah karena masih diberi kekuatan dan kesehatan untuk menunaikannya.

    Karena di luar sana sangat banyak orang yang ingin menunaikan sholat fardhu dengan cara berdiri atau duduk namun tidak mampu melaksanakannya. Kalimat tauhid juga merupakan salah satu kalimat thayyibah yang sempurna.

    Berikut adalah bacaan doa kalimat tasbih bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah lengkap. Silahkan simak teksnya di bawah ini.

     الحمد لله رب العالمين 

    Alhamdulillahirabbil aalamiin.

    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah Ta’ala Pemelihara seluruh alam."

    Kesimpulan

    Sekian penjelasan mengenai teks kalimat tasbih, takbir dan tahmid yang dibaca sebanyak 33 kali setelah sholat lima waktu. Semoga ini menjawab bagaimana bunyi kalimat tasbih, waktu membaca kalimat takbir, kalimat tahmid dibaca kapan, suara, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments