Doa Dzikir Ketika Lewat Kuburan Oleh Nabi Muhammad SAW

Doa Dzikir Ketika Lewat Kuburan Oleh Nabi Muhammad SAW
Konten []
    Abiabiz.com - Doa dzikir ketika lewat kuburan oleh nabi muhammad saw.  Seseorang yang telah meninggal dunia akan dimakamkan di kuburan atau tempat pemakaman umum (TPU). Pada saat tersebut roh seseorang akan berpindah dari dunia nyata menuju alam kubur untuk menunggu hari akhir tiba.

    doa dzikir ketika lewat kuburan

    Saat di dalam kubur, seorang muslim akan ditanyai beberapa pertanyaan oleh Malaikat Munkar dan Nakir. Siksa kubur akan diberikan kepada mereka yang semasa hidupnya banyak berbuat dosa. Bagi yang beramal shaleh, maka ia akan mendapat kebahagiaan dalam kubur.

    Dari sudut pandang manusia yang masih hidup, kuburan dianggap sebagai salah satu tempat angker, ada pula yang beranggapan bahwa kuburan atau pemakaman menjadi tempat para jin, iblis, setan dan hantu wara-wiri ke sana ke mari.

    Seseorang bisa saja bertemu makhluk halus ketika melewati kuburan, apalagi jika melaluinya pada malam hari. Makhluk halus bisa hanya menampakkan diri, namun bisa juga mengganggu dan membisikkan hal-hal buruk kepada kita untuk berbuat kejahatan.

    Sebagai umat muslim kita percaya bahwa di dunia ini kita tidak hidup sendiri, ada makhluk di dimensi lain yang tidak dapat kita raih. Dari mereka ada yang baik dan ada pula yang jahat serta menghasut kita untuk melanggar larangan dari Allah SWT.

    Oleh karena itu, pada saat setiap memasuki kuburan atau makam kita dianjurkan untuk membaca doa memohon perlindungan dijauhkan dari segala macam marabahaya. Karena hanya kepada Allah SWT kita pantas berdoa dan memohon.

    Selain itu, doa saat melewati kuburan juga diucapkan untuk member salam dan menghormati para penghuni kubur. Sama halnya seperti kita bertamu ke rumah seseorang, ketika kita singgah ke kuburan yang merupakan tempat bersemayam pada ahli kubur, kita pun harus bersikap sopan.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa ketika berada di kuburan, doa saat melewati makam, doa pergi ke makam, doa agar dijauhkan dari setan dan hantu di kuburan, doa ketika melalui kuburan atau makam.

    Doa Dzikir Ketika Lewat Kuburan

    doa ketika lewat kuburan

    Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk mengucap salam kepada penghuni kubur ketika kita memasuki tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan sekaligus sopan santun karena bertamu di tempat yang bukan milik kita.

    Ada dua doa dan dzikir yang bisa kita baca serta amalkan ketika melewati kuburan, memasuki pemakaman, masuk ke dalam area kuburan, ataupun singgah di kuburan dan pemakaman umum. Kedua doa berikut diambil dari hadits-hadits shahih.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa melewati kuburan sesuai sunnah, yang benar untuk kuburan muslim dan non muslim baik kuburan anak, bayi, balita, remaja, orangtua, para pahlawan dan seluruh orang yang telah meninggal dunia.

    1. Doa Dzikir Ketika Lewat Kuburan Sesuai Sunnah

    Ketika melewati makam, kuburan, pemakaman atau TPU, baik muslim maupun non muslim, bacalah doa berikut untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. Khusus untuk ahli kubur muslim, didoakan pula supaya selamat di alam kubur.

    اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ

    Assalaamu ‘alaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas’alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyah.

    Artinya :
    "Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan."

    2. Doa Dzikir Ketika Lewat Kuburan Muslim

    Doa berikut ini dikhususkan untuk diamalkan apabila kita melewati, menyinggahi, mampir atau memasuki area perkuburan muslim dan muslimah, yakni kuburan khusus umat Islam di mana seluruh ahli kubur yang ada di dalamnya beragama Islam ketika masih hidup.

    اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَإِنَّا بِكُمْ لَاحِقُونَ اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُمْ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ

    Assalaamu ‘alaikum daara qaumin muk’miniina antum lanaa farathun wainnaa bikum laa hiquunallaahumma laa tahrimnaa ijrohum walaa taftinnaa ba’dahum.

    Artinya :
    "Semoga kesejahteraan untuk kalian semua, kampung kaum mukminin. Kalian telah mendahului kami. Dan kami akan menyusul kalian insya Allah. Ya Allah, janganlah engkau haramkan kami dari pahala mereka dan jangan timpakan fitnah kepada kami setelah mereka."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa saat melewati kuburan, bacaan ketika melewati makam, kubur, pemakaman, pengkuburan, dzikir melalui, melewati, singgah, menempati, memasuki area kubur atau makam muslim dan non muslim.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>