Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Ketika Hujan Turun Pertama Kali Dengan Lebat

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa saat turun hujan untuk pertama kali. Ada dua musim yang terjadi di Indonesia. Yang pertama adalah musim kemarau yang berlangsung sekitar bulan Mei hingga September dan yang kedua adalah musim hujan antara bulan Oktober sampai April.

doa ketika turun hujan untuk pertama kali dengan lebat

Ketika memasuki bulan Oktober, hujan akan turun untuk pertama kalinya setelah musim kemarau berkepanjangan. Musim sebelumnya yang dipenuhi dengan cobaan berupa sungai kering, kesulitan air bersih hingga harus menghemat air hanya untuk keperluan yang penting-penting saja.

Biasanya, hujan pertama yang turun akan lebih deras dan berlangsung lebih lama. Peristiwa tersebut sudah selayaknya kita syukuri karena itu merupakan berkat dan rahmat dari-Nya. Hujan adalah anugerah dari Allah SWT.

Banyak cara mensyukuri turunnya hujan untuk pertama kali, mulai dari mengucapkan doa mensyukuri nikmat, melaksanakan sujud syukur hingga mengamalkan doa khusus ketika gerimis atau hujan turun dan membasahi tanah.

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa, dzikir, amalan, atau wirid saat hujan turun untuk pertama kali baik hujan lebat, gerimis, hujan tanggung maupun hujan rintik-rintik. Silahkan simak doanya berikut ini.

Doa Ketika Turun Hujan Pertama Kali

doa turun hujan

Doa ini sangat baik apabila diamalkan untuk mensyukuri turunnya hujan untuk pertama kali pada musim penghujan. Banyak sekali manfaat, faedah, khasiat, fadhilah, keutamaan dan keistimewaan dari doa singkat ini.

Salah satunya ialah kita memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun pertama kali (biasanya hujan deras), dapat menjadi berkah, bukan justru menjadi pengrusak. Kita memohon kepada-Nya agar hujan yang turun dapat mencukupi kebutuhan air bagi makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan.

Silahkan simak doa lafadz bacaan wirid amalan saat ketika turun hujan untuk pertama kali atau setelah menunaikan sholat istisqa. Doa hujan turun ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya:
"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Selain doa di atas, doa berikut juga bisa diamalkan ketika hujan turun, khususnya hujan yang lebat, deras, yang memiliki indikasi akan menyebabkan bencana. Bisa diamalkan bersamaan dengan doa tolak bala maupun doa ketika mendengar petir.

Makna dari doa ini ialah kita memohon dan berharap kepada Allah SWT agar hujan yang turun tidak menimbulkan malapetaka yang menyebabkan banyak manusia kehilangan nyawa. Kita juga memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang diperbuat.

Doa ini bisa diamalkan kapan saja, tidak harus pada saat hujan turun untuk pertama kali setelah musim kemarau. Yang penting diamalan pada saat hujan deras turun, agar kita semua selamat. Berikut adalah lafadz bacaan doa saat turun hujan bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

اّللَّهُمَّ لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika.

Artinya:
"Ya Allah, jangan hilangkan nyawa kami kami dengan murka-Mu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu."

Kesimpulan
Itu dia doa ketika hujan turun, doa saat langit gelap, doa ketika mendung, doa akan turun hujan, doa ketika gerimis, doa saat banjir, doa agar terhindar dari banjir, doa supaya hujan tidak menyebabkan banjir, doa menyambut hujan, doa mengawali musim hujan dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Ketika Hujan Turun Pertama Kali Dengan Lebat"