Niat Sholat Dzuhur Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya

Niat Sholat Dzuhur Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat dzuhur laki-laki dan perempuan. Pada saat siang hari, kita melaksanakan sholat dzuhur, namun sholat ini tidak dikerjakan tepat ketika matahari berada di atas kepala kita melainkan setelah tergelincir beberapa centimter ke barat.

Niat Sholat Dzuhur Imam Makmum Sendiri

Sama halnya dengan sholat wajib dan sunnah pada umumnya, ketika melaksanakan sholat dzuhur kita mengawalinya dengan membaca niat sholat dzuhur terlebih dahulu. Bacaanya pun tidak jauh berbeda dengan lafadz niat sholat pada umumnya.

Perbedaan hanya teletak pada nama sholat yang dikerjakan, jumlah rakaat, dan apakah kita menunaikan sholat sebagai imam (pemimpin sholat berjamaah), makmum (peserta sholat berjamaah), maupun munfarid atau sendirian di rumah.

Ketika hendak sholat dzuhur, jangan lupa untuk menyucikan diri dengan berwudhu sambil mengucap doa wudhu atau melaksanakan tayamum apabila tidak ada air di sekitar kita. Tujuannya untuk membersihkan hadast kecil yang menempel di tubuh.

Di bawah ini, kami akan menuliskan bacaan-bacaan sholat dzuhur yang berbeda masing-masing untuk imam, makmum, dan sendiri. Seluruh doa ini berlaku untuk pria dan wanita. Langsung saja silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Niat Sholat Dzuhur Sendiri

niat sholat dzuhur

Sebagian besar orang memilih sholat dzuhur sendiri-sendiri karena kesibukan bersekolah atau bekerja. Maka dari itu tidak heran apabila bacaan niat di bawah ini sangat dicari oleh pengguna internet di Indonesia.

Niat sholat subuh dibaca secara pelan dari dalam hati. Begitu juga dengan niat sholat munfarid lainnya pun dibaca hanya dari dalam hati saja. Berikut adalah bacaan niat sholat dzuhur bahasa Arab, latin dan aritnya atau terjemahan bahasa Indonesia.

اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii fardhodl dhuhri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala.

Artinya:
"Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala."

Niat Sholat Dzuhur Untuk Imam Berjamaah

Meski dapat dikerjakan sendiri-sendiri, namun sholat ini sangat utama apabila ditunaikan secara berjamaah baik di masjid, mushola, maupun tempat khusus sholat lainnya di kantor atau sekolah. Syaratnya minimal cukup terdapat satu imam dan satu makmum saja.

Apabila dipercaya dan ditugaskan sebagai imam, jangan lupa bahwa bacaan niat sholat dzuhurnya berbeda dengan ketika kita membaca niat sholat dzuhur secara munfarid atau sendiri-sendiri. Berikut adalah bacaan niat sholat dzuhur sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhodl dhuhri arba’a raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala

Artinya:
"Aku berniat shalat fardhu Dzuhur empat raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala."

Niat Sholat Dzuhur Untuk Makmum Berjamaah

Ada imam pasti ada makmum, di bawah ini kami akan menuliskan bacaan lafadz doa niat sholat dzuhur yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih secara singkat, padat, pendek, dan ringkas dan lengkap.

Pembacaan niat sholat sebagai makmum dilakukan secara pelan dari dalam hati, tidak perlu mengeluarkan suara dan yang perlu diperhatikan adalah pembacaan niat pada sholat ini dilakukan setelah imam selesai membaca niat terlebih dahulu.

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhodl dhuhri arba’a raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an ma’muuman lillaahi ta’aala

Artinya:
"Aku berniat shalat fardhu Dzuhur empat raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala."

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang niat sholat dzuhur, jama taqdim, menjadi imam, pengganti sholat jumat, ditarik ke ashar, bareng ashar, untuk wanita, qadha, qabliyah, qashar, di rumah, niat sholat dzuhur di hari jumat dan sebagainya lengkap.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>