Bacaan Sholawat Nazilah Arab Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Nazilah Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan doa sholawat nazilah lengkap. Membaca sholawat merupakan salah satu amalan yang sangat penting dan utama dilakukan oleh umat muslim. Dengan bersholawat, kita bisa semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT melalui doa yang dipanjatkan untuk Rasulullah SAW.

bacaan sholawat nazilah

Sejatinya, sholawat memang merupakan sebuah doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT untuk memohon keselamatan, berkah, serta anugerah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, beserta keturunan-keturunannya hingga kini.

Salah satu sholawat yang kerap dibaca dan diamalkan adalah sholawat nazilah di mana sholawat ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi para pembacanya. Dan pada kesempatan ini kami ingin membagikan teks dan lirik bacaan sholawat nazilah secara lengkap.

Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita simak terlebih dahulu apa sebenarnya makna dari sholawat nazilah yang lengkap. Langsung saja tanpa banyak berbasa-basi lagi, silahkan simak pengertian dan penjelasan sholawat nazilah berikut ini.

Apa itu Sholawat Nazilah

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai doa qunut yang terdiri dari tiga macam, yakni doa qunut subuh, witir, dan nazilah. Dan nazilah yang dimaksud dalam sholawat ini juga merupakan bacaan yang sama dengan doa qunut nazilah.

Nazilah diperuntukkan ketika seseorang baru saja mengalami musibah atau celaka. Membaca qunut nazilah atau sholawat nazilah dapat memberi ketabahan hati serta pertolongan untuk bangkit sehabis mengalami cobaan.

Ini hampir mirip dengan doa tolak bala rebo wekasan, namun bedanya doa tolak bala dibaca sebelum terkena musibah alias doa yang dimaksudkan untuk menghinndarkan diri dari marabahaya, bencana, dan musibah celaka di kehidupan sehari-hari

Bacaan Doa Sholawat Nazilah

Makna dari sholawat nazilah ini adalah memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah dilakukan. Selain itu, kita juga memohon agar Allah SWT membantu kita melawan musuh-musuh Islam yang telah lama menjadi pemecah belah persatuan.

Di bawah ini akan kami tuliskan bacaannya, silahkan simak penjelasan mengenai bacaa lafadz teks doa lirik sholawat nazilah secara lengkap mulai dari bahasa Indonesia, teks dan tulisan latin, serta terjemahan atau artinya dalam bahasa Indonesia lengkap.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ وَيُكُذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَكَ اللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمَ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِى لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ

Alloohummagh firlanaa wa lilmu’miniina wal mu’minaat wal muslimiina wal muslimaat. Wa allif baina quluubihim, wa ashlih dzaata bainihim wan shurhum ‘alaa ‘aduwwika wa ‘aduwwihim. Alloohummal ‘an kafarota ahlil kitaab alladzii yashudduuna ‘an sabiilik, wa yukadzzibuuna rusulak, wa yuqootiluuna auliyaa-ak. Alloohumma khoolif baina kalimatihim, wazalzil aqdaamahum, wa anzil bihin ba’sakal ladzii laa taruddahu ‘anil qoumil mujrimiin. Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alloohumma inaa nasta’iinuk.

Artinya:
"Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa orang mukmin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Damaikanlah di antara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuh-Mu dan musuh mereka. Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecahbelahlah kekuatan mereka. Dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu."

Kesimpulan
Itu dia penjelasan lengkap mengenai bacaan sholawat nazilah, qunut nazilah bacaan pelindung dari segala macam bahaya, penyakit, bencana, menurut MUI perbanyak dzikir dan doa nazilah, secara lengkap, doa penangkal musibah, penolak bala, membuat menangis, menyentuh hati, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>