Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Orang yang Terzalimi, Teraniaya, Tersakiti

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa untuk orang yang terzalimi. Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, entah diri kita ataupun orang lain. Hanya Allah SWT lah satu-satunya Dzat di alam semesta ini yang kesempurnaannya tidak perlu diragukan lagi.

orang terzalimi

Ketidaksempurnaan manusia membuat mereka kerap berbuat seenaknya sendiri, bahkan menyakiti orang lain hingga orang lain merasa terzalimi. Lalu, bila Anda merupakan pihak yang terzalimi, apakah yang sebaiknya Anda lakukan?

Apakah membalas perbuatan buruknya ataukah diam dan hanya menerima keadaan semata? Tentu salah satu yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan mendoakannya agar menjadi pribadi melalui doa menghadapi orang yang sedang marah.

Lalu, bagaimana untuk kita? Kita juga perlu berdoa untuk diri sendiri sebagai orang yang terzalimi, teraniaya, dan tersakiti. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin berbagi doa harian khusus bagi orang yang sedang dizalimi oleh orang lain. Silahkan simak di bawah ini.

Bacaan Doa untuk Orang yang Terzalimi

doa orang terzalimi

Setidaknya terdapat dua macam bacaan doa untuk orang yang terzalimi, yakni doa yang berasal dari Al-Quran dan doa yang bersumber dari hadist shahih. Keduanya sama-sama mustajab untuk memohon perlindungan serta kemudahan kepada Allah SWT.

Berikut adalah kedua doa bagi orang yang terzalimi atau teraniaya dan tersakiti oleh orang lain, doa kepada orang yang berbuat jahat kepada kita, dan sebagainya dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

1. Doa Orang yang Teraniaya

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الأرْضِ أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلا مَا تَذَكَّرُونَ

Amman yujiibul mudhtharra idzaa da’aahu wayaksyifussuu-a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun(a).

Artinya:
"Atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan, apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan, dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah ada ilah (yang lain)?. Amat sedikitlah kamu mengingat-ingat(-Nya)." - (QS 27:62)

2. Doa untuk Orang yang Jahat Sama Kita

وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الله حِجَابٌ

Wataqida' watalmadh 'aumi gainnahu laysabaynahaa qa baynallaha khijaabu.

Artinya:
"Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah." - (H.R. Bukhori dan Muslim)

Apa yang Harus Dilakukan Saat Dizalimi Orang Lain

Di dalam ayat Al-Quran, terdapat tiga sikap yang bisa dilakukan saat seorang muslim tengah didzalimi, dianiaya, dan disakiti oleh orang lain. Yakni bersikap adil, utama, dan zalim. Ketiganya akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut:

1. Adil

Adil yang dimaksud di sini adalah membalas kejahatan dengan kejahatan. Barang siapa berbuat jahat kepada Anda, Anda membalasnya dengan kejahatan pula. Namun apakah sikap yang demikian merupakan sikap yang baik? Apakah sikap ini mampu menghentikan pertikaian?

2. Utama

Utama yang dimaksud di sini adalah sikap utama yang harus dilakukan, yakni dengan memaafkan mereka dan berbuat baik kepada mereka meski mereka telah berperilaku kasar kepada kita. Allah SWT tentu akan menyiapkan pahala yang begitu besaar bagi orang yang bersikap demikian.

3. Zalim

Zalim di sini dimaksudkan dengan membalas kejahatan lebih dari apa yang dilakukan oleh orang lain kepada kita. Misal, seseorang berbuat jahat dengan menghilangkan 1 harta kita, kita membalasnya dengan menghilangkan 2/3 harta mereka. Maka Allah SWT melarang perbuatan ini.

Lalu, manakah yang Anda pilih? Bersikap adil, utama, atau zalim?

Kesimpulan
Itulah bacaan doa untuk orang yang terzalimi, ciri-ciri orang yang terzalimi, doa untuk orang jahat sama kita, contoh orang yang dizalimi, wirid memberi pelajaran orang zalim, amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal, ayat kursi untuk orang zalim, terzalimi adalah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Orang yang Terzalimi, Teraniaya, Tersakiti"