2 Kalimat Syahadat Asyhadu an Laa Ilaaha Illallah

2 Kalimat Syahadat Asyhadu an Laa Ilaaha Illallah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan dua kalimat syahadat lengkap. Seseorang yang ingin menyatakan diri menjadi bagian dari umat muslim harus melafadzkan dua buah kalimat doa yang dikenal dengan nama dua kalima syahadat.

bacaan dua kalimat syahadat

Kalimat syahadat mungkin dikenal oleh banyak kalangan umat muslim, terutama mereka yang benar-benar memiliki iman di dalam hati mereka. Namun mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui teks, lafadz, serta bacaan doanya.

Terutama non-muslim yang baru hendak masuk Islam, mereka sangat perlu mengetahui bagaimana bacaan kalimat syahadat untuk dapat benar-benar membacanya di dalam hati serta memaknaiknya sehingga dapat menjadi muslim secara sah.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ingin menuliskan lafadz, bacaan, serta doa kalimat syahadat secara lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan Indonesia. Namun sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu pengertian dan definisi kalimat syahadat terlebih dahulu.

Apa itu Kalimat Syahadat

Kata syahadat berasal dari bahasa Arab yaitu syahida yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "ia telah menyaksikan". Kalimat syahadat di dalam syariat Islam berarti merupakan sebuah pernyataan rasa percaya sekaligus mengakui keesaan Allah SWT dan Muhammad SAW.

Syahadat juga sering disebut juga dengna yahadatain karena terdiri dari dua kalimat. Kalimat pertama merupakan kalimat tauhid sedangkan kalimat kedua merupakan kalimat syahadah ar-Rasul. Kalimat ini hanya diucapkan oleh mereka-mereka yangn percaya kepada Allah SWT sebagai Tuhan dan Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya.

Percaya yang dimaksud di sini memiliki makna sangat luas, yakni percaya bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang menguasai serta mengelola alam semesta dan Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman yang menyebarkan ajaran Islam yang disebut dalam Al-Quran.

Bacaan Dua Kalimat Syahadat Lengkap

kalimat syahadat

Bacaan kalimat syahadat berisi makna kesaksian terhadap Allah SWT bahwa Dia adalah Tuhan yang berhak disembah serta kesaksian diri kita terhadap Nabi Muhammad SAW yang menjadi utusan langsung Allah SWT selama di bumi.

Berikut adalah lafadz bacaan doa dua kalimat syahadat lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan Indonesia sesuai sunnah, berdasarkan hadist yang shahih. Silahkan langsung saja disimak di bawah ini.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ
وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Ašhadu 'al lā ilāha illa l-Lāh wa ʾašhadu ʾanna muḥammadar rasūlu l-Lāh.

Artinya:
"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai kalimat syahadat, 5 kalimat syahadat, 2 kalimat syahadat dalam al qur'an, 2 kalimat syahadat kebohongan terbesar di dunia, 2 kalimat syahadat dalam al qur'an, kalimat syahadat tauhid, arti syahadat yang sebenarnya, asyhadu an laa ilaaha illallah, waasyhaduanna muhammadar rasuulullah, makna syahadat

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>