Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Menyayangi Kucing

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang kucing. Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Ketika itu, Nabi hendak mengambil jubahnya, ditemui Mueeza tengah terleap tidur santai di atasnya.

hadist tentang menyayangi kucing

Tak ingin menggangu hewan kesayangannya itu, Rasulullah SAW memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza untuk pergi. Saat pulang, Mueeza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya tersebut.

Sebagai balasan, Nabi menyatakan kasih sayangnya kepada kucing tersebut dengan cara mengelus lembut ke badannya. Dalam aktivitas sehari-hari, kita pun dianjurkan untuk menyayangi dan mengasihi kucing.

Hal ini bisa Anda simak lebih jelas dalam daftar hadist shahih tentang kucing yang menjadi kesayangan Nabi Muhammad SAW. Hadist ini akan kami tulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia beserta artinya.

Kumpulan Hadist Tentang Kucing

Hadist mengenai menyayangi kucing dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap dapat Anda simak di sini. Hadist-hadist ini kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kucing Tidak Najis

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

Artinya:
“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

2. Agama Itu Mudah

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ

Artinya:
“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan.” (HR. Bukhari no. 39)

3. Mendatangkan Kemudahan

فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِينَ ، وَلَمْ تُبْعَثُوا مُعَسِّرِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya kalian diutus untuk mendatangkan kemudahan. Kalian bukanlah diutus untuk mendatangkan kesulitan.” (HR. Bukhari no. 6128)

4. Memberi Kemudahan

يَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا ، وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوا

Artinya:
“Berilah kemudahan, janganlah membuat sulit. Berilah kabar gembira, janganlah membuat orang lari.” (HR. Bukhari no. 69)

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai hadist tentang kucing, hadits tentang kucing rumaysho, hadits tentang memelihara kucing, ayat al-qur'an tentang kucing, kucing mendoakan majikannya, berkah memelihara kucing, hadits tentang memberi makan kucing, kucing nabi muhammad jenis apa, hadis kucing sahih.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadist Tentang Menyayangi Kucing"