Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat dan Lengkap

Konten []
    Abiabiz.com - Bacaan doa ziarah kubur singkat dan lengkap. Sebagai umat muslim, kita wajib mendoakan saudara dan keluarga kita, khususnya yang telah meninggal dunia karena mereka sudah tidak bisa berbuat apa-apa, hanya doa dari kita yang mampu menolong mereka dari siksa kubur.

    bacaan doa ziarah kubur

    Kegiatan berdoa di kuburan atau makam disebut dengan ziarah. Selain membaca doa, ziarah juga menjadi kata yang digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan mengunjungi makam meski hanya sekedar melihat, duduk di samping kuburan atau berjalan biasa.

    Doa ketika berkunjung ke kuburan bertujuan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia supaya segera diampuni dosanya semasa hidup di dunia, agar Allah SWT memberikan kenyamanan, keleluasaan, serta terhidar dari siksa kubur yang menyakitkan.

    Selain itu, doa pada ziarah kubur juga bertujuan untuk mendoakan sang ahli kubur supaya dapat dibukakan pintu surga, menjadikan kuburan sebagai tempat peristirahatan yang nyaman untuk ditinggali sembari menunggu kebangkitan di hari akhir.

    Oleh karena itu, ada doa khusus yang dibaca pada saat berziarah mulai dari doa yang pendek hingga doa yang panjang atau lengkap. Doa yang pendek biasa disebut dzikir atau wirid sedangkan doa yang panjang biasa dinamakan doa tahlil atau tahlilan.

    Berikut adalah kedua bacaan doa untuk berziarah kubur yang umum, yang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi masyarakat Indonesia, khususnya ketika berziarah pada saat hendak memasuki bulan suci puasa ramadhan dan ketika sudah selesai sholat idul fitri pada hari raya lebaran.

    Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat

    doa ziarah kubur

    Makna dari doa ziarah kubur yang singkat adalah mendoakan supaya dosa sang ahli kubur diampuni, menempatkannya di sisi terbaik, yakni surga, memohon agar kuburannya diluaskan, di dalam kubur supaya dimandikan air yang sejuk agar bau busuk tidak keluar.

    Selain itu ada beberapa doa lain yang ditujukan khusus untuk orang yang sudah meninggal. Berikut adalah teks lafadz bacaan doa ziarah kubur singkat sesuai sunnah berdasar hadits shahih bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

    اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

    Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa 'Aafihi Wa'fu 'ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi' Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa'i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A'idhu Min 'Adzaabil Qabri.

    Artinya :
    "Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

    Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap

    Sedangkan untuk doa ziarah kubur yang lengkap atau biasa dinamakan dengan doa tahlilan ini merupakan kepanjangan dari doa ziarah kubur yang singkat, yakni doa ziarah kubur yang didahului dengan beberapa surat dalam Al-Quran dan diteruskan dengan surat yasin yang merupakan surat khuuss untuk orang meninggal.

    Dalam budaya atau tradisi masyarakat Indonesia, yang mengikuti jejak para wali yang mendapat ilmu agama dari pedagang-pedagang Arab, ada urutan doa yang bisa dibaca untuk mengawali sebelum membaca inti dari doa ziarah kubur.
    • Pertama adalah baca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.
    • Membaca surat Al-Falaq sebanyak 1 kali.
    • Membaca surat An-Naas sebanyak 1 kali.
    • Membaca surat Al-Fatihah sebanyak 1 kali.
    • Membaca awal surat Al-Baqarah sebanyak 1 kali.
    • Membaca ayat kursi sebanyak 1 kali.
    • Membaca doa ziarah kubur yang singkat 1 kali.
    • Membaca surat yasin sebanyak 1 kali.

    Kesimpulan

    Itulah pemaparan mengenai bacaan doa ziarah kubur, saat mengunjungi makam, kuburan, pdf, sesuai sunnah rasul, yang singkat umum, untuk orang tua, ayah, ibu, kakek, nenek, doa untuk mayit, kalimat tahlil dan sebagainya.

    Baca :