Doa Sujud Sahwi Saat Lalai atau Lupa Jumlah Rakaat Sholat

Doa Sujud Sahwi Saat Lalai atau Lupa Jumlah Rakaat Sholat
Konten []
    Abiabiz.com - Doa sujud sahwi saat lalai atau lupa jumlah rakaat sholat. Pernahkah kalian lupa berapa jumlah rakaat sholat yang dikerjakan? Atau kalian lupa untuk mengerjakan sholat hingga batas waktunya berakhir? Jika iya, dan sudah terlanjur, maka kita bisa memohon ampun dengan melakukan sujud sahwi.

    doa sujud sahwi ketika lalai sholat

    Sujud sahwi ini dicontohkan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW ketika sahabat mendapati jumlah rakaat sholat dzuhur Rasulullah SAW kelebihan satu rakaat, ketika sahabat mengingatkan Nabi, Nabi Muhammad SAW melakukan sujud sambil membaca doa.

    Bagaimana cara melakukan sujud sahwi serta bagaimana doa sujud sahwi? Bagi yang belum tahu, kebetulan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dao sujud sahwi yang dilakukan oleh Baginda Rasul.

    Doa sujud sahwi ini ada beberapa macam versi dikutip dari berbagai sumber hadits shahih. Tidak perlu ada perdebatan doa mana yang benar dan sah, karena semua memiliki dalil dan bisa kita praktekkan ketika lupa menunaikan sholat atau jumlah rakaat sholat.

    Doa Sujud Sahwi

    doa sujud sahwi

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa macam doa sujud sahwi, ada doa yang dituliskan pada hadits Imam Nawawi dan ada pula doa yang mirip dengan doa sujud saat sholat serta yang lainnya.

    Pada dasarnya inti atau makna dari doa sujud sahwi sama saja, yakni untuk memohon kepada Allah SWT karena telah lalai dan lupa menunaikan ibadah secara benar. Ketika sudah bersujud dengan sungguh-sungguh, maka seseorang tidak perlu mengulangi ibadahnya lagi.

    Hal tersebut pun dicontohkan oleh Rasul, salah satu sahabat Nabi mengatakan bahwa Rasul tidak mengulangi sholatnya setelah selesai mengerjakan dan membaca lafadz sujud sahwi. Jadi, kita bisa meniru Rasul untuk hal tersebut.

    Berikut adalah teks Arab, lafadz bacaan doa sujud sahwi mohon ampun karena lalai dan lupa dalam beribadah ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar.

    1. Doa Sujud Sahwi Imam Nawawi

    Yang pertama ada doa sujud sahwi yang ditulis dalam hadits Imam Nawawi, merupakan doa pendek dan singkat yang juga disepakati jumhur ulama untuk dibaca saat kita lupa atau lalai dalam mengerjakan sholat.

    سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

    Subhaanaka alloohumma robbanaa wa bihamdika alloohummaghfirlii.

    Artinya :
    "Mahasuci Engkau, ya Allah Tuhan kami dan segala puji bagiMu. Ya Allah ampunilah aku."

    2. Bacaan Sujud Sahwi Beserta Artinya

    Kemudian ada doa sujud sahwi yang bacaannya mirip dengan bacaan ketika sujud biasa dalam sholat fardhu maupun sholat sunnah. Dalam doa ini kita meninggikan dan menyucikan nama Allah sWT sebagai Tuhan yang maha tinggi kedudukannya.

    سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى

    Subhaana robbiyal ‘alaa.

    Artinya :
    "Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi."

    3. Doa Sujud Sahwi Tilawah Syukur

    Yang ketiga adalah doa sujud sahwi yang di makna di dalamya adalah kita meminta ampun kepada Allah SWT, Dzat yang tidak mungkin tidur ataupun lupa. Berikut adlaah lafadz bacaan doa sujud sahwi tilawah syukur.

    سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

    Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw.

    Artinya :
    "Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa."

    Tata Cara Sujud Sahwi

    Cara mengerjakan sujud sahwi cukup mudah, yakni ketika seseorang ingat bahwa ia telah salah mengerjakan sebuah ibadah, entah itu lupa rakaat sholat, lupa mengerjakan sholat atau lupa makan dan minum saat sedang berpuasa, maka ia harus cepat-cepat bersujud mohon ampun.

    Sujud dilakukan sebanyak satu kali dan membaca doa sebanyak tiga kali sama seperti sujud pada saat sholat. Apabila ingin lebih sempurna, maka lakukanlah khodam sujud sahwi yakni mengakhirinya dengan membaca beberapa bacaan-bacaan doa berikut ini.
    • Baca lafadz "Ilaa hadlratin nabiyyil mustafaa shalallahu 'alaihi wassalam" sebanyak satu kali.
    • Lalu baca surat Al-fatihah sebanyak 1 kali.
    • Baca lafadz "Tsumma ilaa hadlraati ikhwaanihii minal ambiyaa’i wal mursaliin wal auliyaa’i wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wash shahaabti wattaabi’iina wal ulamaa’i ‘aamiliina wal mushannifiinal mukhlishiina wa jamii’il malaaikatil muqarrabiina" sebanyak satu kali.
    • Kemudian baca lagi surat Al-fatihah sebanyak 1 kali
    • Baca "Ila khusushan Syekh Majdudin Al-Karmani" yang termasuk khodam nurbuat sebanyak satu kali.
    • Diteruskan dengan membaca surat Al-fatihah lagi 1 kali.
    • Selanjutnya baca "Ila khusushan Syekh Abdul Qadir Jailany, Syekh Qori, Syekh Madi, Syekh Somandari, Syekh Ahmad Al Falatil Bauni" satu kali.
    • Kemudian Al-fatihah lagi 1 kali.
    • Baca surat Al-ikhlas sebanyak 3 kali.
    • Baca surat Al-falaq sebanyak 1 kali.
    • Baca surat An-nash sebanyak 1 kali.
    • Baca sholawat nabi sebanyak 21 kali.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa sujud sahwi tilawah syukur. Doa sujud sahwi dan artinya, latin, dan tata caranya, syukur tilawah, sesuai sunnah, NU, rumi, Muhammadiyah, bacaan sujud saat lupa rakaat sholat, ketika lalai mengerjakan sholat.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>