Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan dan Disempurnakan Hajat

Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan dan Disempurnakan Hajat
Konten []
    Abiabiz.com - Doa supaya dimudahkan segala urusan dan disempurnakan hajat. Tidak ada seorang pun yang tidak memiliki masalah di dunia ini, semua orang tentu menghadapinya, apalagi jika semakin banyak seseorang memiliki hubungan dengan orang lain, maka semakin tinggi pula peluang untuk mendapat masalah.

    doa supaya dimudahkan segala urusan dan disempurnakan hajat

    Masalah tidak hanya ada antar satu orang dengan orang lain, melainkan juga masalah pada diri sendiri. Contohnya seperti kurang belajar sehingga kesulitan dalam menghadapi ujian, terlalu pesimis sehingga memiliki masalah pada saat persalinan, atau masalah kepercayaan diri tidak bisa ngobrol di depan umum.

    Banyak sekali macam-macam masalah yang ada di dunia ini. Dan semuanya pasti bisa kita hadapi, bisa kita lewati asalkan mau berusaha dan bekerja keras serta percaya pada satu hal yakni Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hamba-Nya.

    Lalu, bagaimana caranya agar tetap yakin bahwa kita dapat menghadapi masalah serta menyelesaikannya? Bagaimana caranya agar diberi kekuatan, ketenangan hati dan kesabaran dalam menghadapi masalah yang rumit dan berat? Caranya adalah dengan berdoa kepada Allah SWT.

    Allah SWT sebagai dzat yang mampu menolong kita, tempat curhat terbaik kita, tempat yang paling nyaman untuk mengungkapkan segala keluh kesah dalam hati. Dia-lah yang berhak kita mintai tolong dan Dia-lah yang mampu menolong kita melewati kesulitan.

    Dalam berbagai hadits disebutkan beberapa doa yang bisa dijadikan amalan untuk memohon dipermudah dalam segala urusan. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas macam-macam doa tersebut secara lengkap di sini.

    Doa Supaya Dimudahkan Dalam Segala Urusan

    doa dimudahkan segala urusan

    Manusia memiliki banyak urusan dalam berbagai bidang, setiap urusan tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Dan setiap urusan tersebut pasti ada tingkatan kesulitannya, ada yang mudah diselesaikan dan ada pula yang susah untuk dijalani.

    Kemampuan masing-masing manusia berbeda, ada yang bisa bertahan menjalaninya dan ada pula yang merasa bahwa apa yang dia hadapi begitu berat untuk diselesaikan. Sebenarnya tidak ada yang sulit, hanya saja kita kurang percaya kepada Allah SWT.

    Berikut adalah bacaan doa supaya diberi kemudahan dalam segala urusan, mulai dari urusan ujian, tes, kelahiran, persalinan, bayar hutang, pekerjaan, sekolah, ketika mengikuti lomba atau kompetisi dan sebagainya ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    1. Doa Supaya Dimudahkan Saat Ujian

    Bacalah doa berikut ini saat menghadapi ujian, tes, UTS, UAS, atau ulangan. Baca lafadz berikut ini ketika memasuki ruang ujian ataupun saat sedang bingung ketika mengerjakan sebuah soal yang begitu sulit.

    اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

    Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

    Artinya :
    “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

    2. Doa Dimudahkan Dalam Menghadapi Masalah

    BAcalah doa berikut ini ketika kita sedang menghadapi masalah yang tidak kunjung selesai. Dalam doa ini kita memohon kepada-Nya agar dilapangkan dada, dimudahkan urusannya, dilepaskan kekakuan lidah supaya orang lain dapat mengerti maksud yang ingin kita sampaikan.

    رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

    Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli.

    Artinya :
    “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.”

    3. Doa Dimudahkan dan Diberi Ketenangan Hati

    Bacalah doa berikut ini agar hati kita tenang, damai dan tidak gelisah ketika menghadapi cobaan yang amat berat. Dalam doa ini kita juga memohon kepada Allah SWT agar memberi petunjuk dalam urusan yang tengah kita jalani.

    رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

    Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

    Artinya :
    "Wahai Tuhan kamu berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

    4. Doa Dimudahkan Dalam Membayar Hutang

    Bacalah doa singkat ini sebagai amalan ketika kita memiliki hutang yang begitu banyak dan menumpuk serta tidak kunjung lunas dan sudah jatuh tempo untuk dilunasi. Insya Allah Tuhan akan membantu kita mencari solusi dan jalan keluarnya.

    اللهم يسر ولا تعسر

    Alloohumma yassir wa laa tu’assir.

    Artinya :
    “Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.”

    5. Doa Dimudahkan Saat Melahirkan Anak

    Bacalah doa singkat supaya diberi kemudahan ketika melahirkan anak atau bayi, diberi kekuatan dan dihilangkan rasa sakit dalam proses persalinan. Amalkan doa ini ketika yakin bahwa jabang bayi akan segera lahir.

    إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

    Artinya :
    "Sesungguhnya Kami telah jadikan apa yang ada di muka bumi sebagai perhiasan baginya, kerana kami hendak menguji mereka, siapakah di antaranya yang lebih baik amalnya."

    6. Doa Dimudahkan Dalam Mengikuti Lomba

    Bacalah doa berikut ini ketika mengikuti lomba, kejuaraan atau kompetisi baik bidang akademik maupun non akademik seperti olahraga. Doa ini insya Allah akan membuat kita mudah dalam menjalani setiap ajang perlombaan.

    ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

    Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.

    Artinya :
    "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

    7. Doa Dimudahkan dan Diberi Kesabaran

    Bacalah doa singkat berikut ini sebagai amalan ketika emosi mulai meluap saat menghadapi masalah yang begitu rumit. Insya Allah setelah membaca doa ini, Allah SWT akan membantu mendinginkan kepala kita serta melimpahkan kesabaran dalam hati.

    يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

    Yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagist.

    Artinya :
    “Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan.”

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa dimudahkan segala urusan, doa supaya dimudahkan rezeki, persalinan, membayar hutang, urusannya, jodoh, belajar, dalam melahirkan, doa supaya diberi kemudahan segala urusan dan hajat.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>