Doa Ketika Minum Obat Agar Sembuh Menurut Sunnah

Doa Ketika Minum Obat Agar Sembuh Menurut Sunnah
Konten []
    Abiabiz.com - Doa saat minum obat supaya lekas sembuh. Banyak sekali jenis penyakit yang dapat diderita oleh manusia, ada penyakit yang ringan dan ada pula penyakit yang parah dan memerlukan waktu lebih lama agar bisa sembuh.


    doa ketika minum obat agar sembuh menurut sunnah

    Saat menderita penyakit yang parah, mungkin ada beberapa orang yang menyerah untuk berusaha sembuh. Minum obat sudah malas-malasan, bahkan sudah tidak memiliki keinginan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter. Ini adalah sikap yang salah.

    Percayalah kepada Allah SWT, Dzat yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan segala macam penyakit yang ada di dunia ini, karena Dia adalah Tuhan yang maha kuasa, Dia adalah Tuhan yang bisa melakukan segalanya.

    Baca: Doa Minta Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

    Sebagai seorang yang beriman, tentu kita harus selalu percaya kepada-Nya dengan cara terus berdoa untuk memohon kesembuhan, termasuk ketika hendak minum obat dan setelah minum obat. Ada beberapa macam doa saat minum obat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

    Doa Ketika Minum Obat Agar Cepat Sembuh

    doa minum obat

    Bacalah doa berikut ini agar obat yang kita konsumsi dapat menjadi penyembuh dari penyakit yang kita derita, baik sakit perut atau sakit gigi. Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan dari doa saat minum obat supaya cepat sembuh berikut ini.

    Salah satunya adalah memohon dan meminta kepada-Nya untuk menurunkan kesehatan serta menghindarkan kita dari segala sesuatu yang berbahaya, termasuk penyakit. Berikut adalah bacaan lafadz dan doanya.

    بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

    Bismillaahisy syafii bismillahil kaafii bismillaahil mu'aafii bismillaahil ladzii laa yadlurru ma'asmihi syai'un fil ardli walaa fis samaa'i huwas samii'ul 'alimu.

    Artinya:
    "Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik di bumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

    Doa Ketika Minum Obat Menurut Sunnah

    Selain doa di atas, ada pula doa lain yang diajarkan oleh Rasulullah ketika mau minum obat, berikut adalah lafadz bacaan doa saat mau minum obat sesuai sunnah yang shahih dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

    Artinya:
    "Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

    Kesimpulan

    Itulah bacaan doa ketika minum obat, mari bersama-sama kita amalkan doa tersebut saat hendak minum obat, jangan lupa ajarkan kepada orang yang sakit supaya membaca doa mohon kesembuhan tersebut pada saat akan minum obat. mudah-mudahan Allah SWT menjabahkan doa kita. Amin.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>