Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar di Sekolah Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa mengawali dan mengakhiri pelajaran di sekolah. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap manusia di bumi, termasuk umat Islam. Banyak cara memperoleh ilmu, salah satunya dengan belajar di sekolah.

doa sebelum dan sesudah belajar di sekolah

Di sekolah, kita mempelajari pelajaran-pelajaran akademik seperti matematika, bahasa indonesia, IPA, IPS, dll, sementara di luar sekolah kita bisa mempelajari hal lain seperti mengaji, cara hidup bermasyarakat, hingga cara bersosial dan bergaul bersama teman.

Khusus untuk belajar di sekolah, itu sangat penting. Terutama untuk masa depan kita, semakin banyak ilmu yang kita dapatkan, insya Allah semakin besar peluang kita meraih sukses di masa depan, termasuk membahagiakan orangtua dengan kesuksesan kita.

Maka dari itu, pada setiap pelajaran di sekolah, kita harus mengawali dan mengakhirinya dengan berdoa. Bacalah doa pada saat sebelum belajar dan sesudah pelajaran berakhir agar ilmu yang kita dapatkan bisa menjadi berkah dan bermanfaat untuk semua pihak.

Baca: Doa Agar Lancar dan Lulus Ujian

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas beberapa bacaan doa sebelum dan setelah belajar di sekolah menurut berbagai hadits yang shahih sesuai sunnah, dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

Doa Sebelum Belajar di Sekolah Sesuai Sunnah

doa sebelum belajar di sekolah

Saat mengawali kegiatan belajar mengajar, bacalah doa berikut ini agar kita dapat fokus dan konsentrasi untuk memahami atau menghafal materi pelajaran yang disampaikan oleh guru di sekolah, baik TK, SD, SMP, SMA, maupun kampus atau universitas.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:
"Kami ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Doa Sesudah Belajar di Sekolah Sesuai Sunnah

doa sesudah belajar di sekolah

Saat mengakhiri pelajaran di sekolah, bacalah doa singkat berikut ini untuk memohon berkah dan rahmat dari Allah SWT agar ilmu yang barusan kita pelajari dapat terus kita ingat sehingga bisa memudahkan ketika ujian maupun bermanfaat untuk hal lain.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

Kesimpulan
Itulah doa sebelum dan sesudah belajar sesuai sunnah, insya Allah dengan membaa kedua doa di atas, Allah SWT akan memberi kemudahan kepada kita untuk memahami pelajaran-pelajaran yang sulit dipahami di sekolah, Aamiin.

Posting Komentar untuk "Doa Sebelum dan Sesudah Belajar di Sekolah Sesuai Sunnah"