Doa Setelah Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah dan Artinya

Doa Setelah Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa sesudah membaca alquran. Tidak ada satupun ayat di dalam Al-Quran yang tidak baik, semuanya merupakan petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupannya, baik kehidupan di alam dunia maupun alam akhirat.

doa setelah membaca alquran sesuai sunnah

Namun, mungkin tidak setiap saat kita bisa memahami makna dan arti yang tersirat di dalam Al-Quran, ada kalanya kita tidak mengerti dan membutuhkan waktu lebih banyak untuk menganalisisnya. Bertanya kepada ustadz adalah salah satu cara terbaik.

Meski demikian, membaca Al-Quran tidaklah sia-sia, walaupun kita masih belum memahami maksud di dalamnya, namun apa yang telah kita baca sebenarnya sudah merupakan hal yang baik, itulah mengapa Allah SWT akan memberi pahala bagi kita yang rajin membaca Al-Quran.

Membaca Al-Quran adalah hal yang baik, dan akan lebih sempurna apabila kita menutupnya dengan bacaan doa. Dalam beberapa hadits diriwayatkan mengenai bacaan-bacaan doa yang bisa dilafadzkan untuk mengakhiri membaca Al-Quran.

Baca: Doa Sebelum Membaca Al-Quran

Dan pada kesempatan yang baik ini, berikut ini akan ditulis beberapa doa yang bisa kita baca setelah membaca Al-Quran, doa agar kita mendapat berkat, petunjuk, dan kemuliaan setelah membaca ayat-ayat suci di dalam Al-Quran.

Doa Setelah Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah

doa setelah membaca alquran

Berikut ini adalah salah satu doa seusai membaca Al-Quran yang singkat, dapat kita amalkan untuk mengakhiri kegiatan mengaji di masjid, pengajian bersama, maupun setelah membaca Al-Quran sendiri di rumah.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Artinya:
"Maha suci Engkau dan pujian kepada-Mu, Tidak ada sesembahan yang berhak di sembah kecuali Engkau, aku meminta ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu."

Doa Setelah Membaca Al-Quran dan Artinya

Selain doa di atas, ada pula doa lain yang bisa dibaca selepas membaca Al-Quran, berikut ini adalah doanya yang memiliki makna bahwa kita percaya setiap apa yang ada di dalam Al-Quran adalah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada kita.

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:
"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."

Kesimpulan
Itulah doa setelah membaca alquran, mari sama-sama kita memperbanyak membaca Al-Quran untuk memperoleh berkah dari-Nya. Terimakasih sudah membaca doa ketika selesai membaca Al-Quran dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>