Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Benar dan Shahih

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan doa wudhu singkat lengkap. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang doa wudhu membasuh anggota tubuh. Dalam keterangan di sana dijelaskan secara lengkap doa-doa yang dibaca pada setiap gerakan wudhu.

doa sebelum dan sesudah wudhu

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas sesuatu yang lebih spesifik yakni doa sebelum dan sesudah wudhu yang dibaca untuk menyempurnakan wudhu yang merupakan salah satu ibadah untuk menyucikan diri dari hadats kecil.

Wudhu sendiri merupakan ibadah yang dilakukan untuk menyucikan badan agar boleh digunakan untuk sholat. Ketika berkeringat, terkena debu atau berinteraksi dengan sesuatu yang kotor, kita harus berwudhu agar bisa sholat secara sah.

Apabila tidak ada air untuk berwudhu, Allah SWT memberi kemudahan agar kita bisa melakukan tayamum yakni menggangi air wudhu dengan debu, tanah, atau pasir halus yang suci. Tayamum hanya diperbolehkan apabila tidak menemukan air atau air yang ada diperuntukkan untuk kepentingan yang lebih besar (seperti memberi minum hewan yang mau mati atau sebagainya).

Di bawah ini kami akan menjelaskan doa yang dibaca pada saat akan berwudhu maupun doa yang diucapkan setelah wudhu selesai sesuai sunnah yang benar dan shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

Doa Sebelum Wudhu yang Benar

doa sebelum wudhu

Doa wudhu berikut dibaca pada saat akan mengawali wudhu. Tepatnya ketika sebelum mengusap kedua telapak tangan (gerakan pertama wudhu). Cara membacanya adalah dengan menadahkan tangan sejajar dengan muka, dan kemudian berdoa.

Makna dari doa sebelum wudhu ini ialah untuk memohon kepada Allah SWT agar menjadikan air yang kita gunakan untuk berwudhu ini sebagai air yang suci dan sah digunakan untuk menyucikan diri dari hadast kecil.

Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum wudhu yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara singkat, pendek, atau ringkas.

1. Doa sebelum Wudhu Bahasa Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا

2. Doa Sebelum Wudhu Latin

Al-hamdu lillahilladzi ja’alal-ma’a tahuran.

3. Doa Sebelum Wudhu Artinya

"Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menjadikan Air suci lagi menyucikan."

Doa Sesudah Wudhu yang Benar

doa sesudah wudhu

Setelah selesai wudhu, sehabis melakukan seluruh gerakan. Langsung matikan kran untuk menghemat air, kemudian tadahkan kedua tangan ke atas sambil mengucap doa setelah berwudhu di bawah ini.

Makna dari doa ini ialah untuk bersaksi bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan dari Allah Ta'ala. Doa yang sama seperti doa masuk islam atau atau dua kalimat syahadat.

Kemudian, doa dilanjutkan dengan memohon kepada Allah Ta'ala agar menjadikan kita sebagai ornag-orang yang bertaubat serta menjadikan kita termasuk golongan orang yang suci dan shaleh. Langsung saja simak doa panjang dan lengkap di bawah ini.

1. Doa Sesudah Wudhu Bahasa Arab

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْ

2. Doa Sesudah Wudhu Latin

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

3. Doa Sesudah Wudhu Artinya

"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh."

Kesimpulan
Itu dia ulasan lengkap mengenai doa sebelum dan sesudah wudhu latin beserta artinya, nu, muhammadiyah, bahasa arab, yang benar, lengkap pdf, doa setelah wudhu, tata cara wudhu dan doanya, niat, mengucap, lengkap dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Benar dan Shahih"