Bacaan Sholawat Matsuroh Arab Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Matsuroh Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan sholawat matsuroh. Sejatinya sholawat dibaca atau dinyanyikan untuk memberikan pujian dan penyembahan kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu sholawat yang paling utama adalah sholawat matsuroh.

bacaan sholawat matsuroh

Mengapa demikian? Sebab sholawat matsuroh merupakan sholawat yang liriknya ditulis langsung oleh Nabi Muhammad, ritme dan cara membaca syair teksnya juga diajarkan langsung oleh Baginda Rasul kepada umat muslim di seluruh dunia.

Jadi? Mengapa kita tidak mencoba secara rutin mengamalkan sholawat yang sangat mulia ini? Mulai dari ketika majelis taklim, saat sholawatan, kultum di masjid, sehabis khotbah, maupun setelah selesai menunaikan ibadah sholat maupun membaca Al Quran.

Nah bagi yang belum mengetahui teks lirik dan bacaan sholawat matsuroh, tidak perlu khawatir. Di sini kami akan menuliskan liriknya dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia lengkap. Tapi sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah lebih baik kita mengetahui asal usul dan sejarah singkat mengenai sholawat yang satu ini.

Pengertian Sholawat Matsuroh

Sholawat matsuroh adalah sebuah bacaan sholawat yang kalimat, cara membaca, waktu membaca, keutamaan, khasiat, hingga fadhilahnya diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW, Nabi Muhammad SAW sehngga keutamaannya tidak perlu diragukan lagi.

Sholawat ini sangat sering dibaca ketika peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau yang lebih dikenal dengan nama peringatan maulid Nabi. Selain itu, sholawat matsuroh juga kerap dibaca pada saat majelis taklim, pengajian, dan lain sebagainya.

Adapun bagi yang mengamalkan sholawat ini, insya Allah akan mendapat berbagai macam keutamaan antara lain memuliakan nabi Muhammad SAW, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjadi sebagai hamba yang makin beriman dan bertaqwa, dan lain sebagainya.

Bacaan Sholawat Matsuroh

sholawat matsuroh

Teks atau lirik dari sholawat matsuroh tergolong pendek sehingga akan lebih mudah dihafal dan diingat. Cara membacanya tidak seperti doa yang hanya memperhatikan tajwid saja, melainkan dikumandangkan dengan lebih merdu seperti ketika menyanyi.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja silahkan simak penjelasan mengenai bacaan lafadz teks dan lirik sholawat matsuroh yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia lengkap.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Alllhuma sali eala muhhmad nialnabia al'umiai waeala alih wasalim.

Artinya:
"Ya Allah! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai bacaan sholawat matsuroh, sholawat paling mustajab, pendek tapi dahsyat, kumpulan bacaan sholawat nabi, keutamaan, khasiat, manfaat, fadhilah, faedah, bacaan lengkap sholawat nabi, riwayat, sejarah, asal usul sholawat mat'tsuroh yang benar.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>