Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Kalimat Thayyibah dan Artinya Untuk Anak TK

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan kalimat thayyibah. Kalimat thayyibah merupakan kalimat atau perkataan baik, terpuji, dan indah yang ditujukan kepada Allah SWT. Kalimat ini merupakan kumpulan pujian dan sanjungan kepada Allah SWT sebagai Tuhan yang maha dari segala maha di dunia.

7 Kalimat Thayyibah dan Artinya Untuk Anak TK

Terdapat beberapa jenis kalimat thayyibah yang tentunya memiliki makna dan waktu pembacaan yang berbeda-beda, namun seluruh kalimat yang tergabung dalam kalimat thayyibah merupakan kalimat yang kerap dijadikan sebagai dzikir dan doa setelah sholat.

Selain itu, kalimat thayyibah juga kerap dijadikan sebagai dzikir tahlilan ketika berziarah, digabung ke dalam doa ziarah kubur, termasuk juga doa tahlilan ketika seseorang baru saja meninggal dunia. Kalimat ini banyak dilafadzkan dalam kegiatan-kegiatan penting keagamaan.

Bagi yang belum mengetahui kalimat thayyibah seperti apa, kapan dibacanya, dan sebagainya, kami akan menjelaskannya secara singkat di bawah ini. Termasuk menuliskan lafadz bacaan doa teks kalimat thayyibah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Silahkan disimak.

Bacaan Kalimat Thayyibah Arab Latin dan Artinya

Total terdapat 7 macam kalimat tauhid yang memiliki makna dan waktu pembacaan yang berbeda-beda. Kalimat tauhid pada intinya merupakan kalimat yang sangat dianjurkan untuk dibaca, bahkan karena sangat dianjurkan kita menjadi sering membacanya dan tidak tahu kalau kalimat tersebut adalah kalimat tauhid.

1. Bismillahirrahmanirrahim

بسم الله الرحمن الرحيم

Bismi-llaahi ar-raḥmaani ar-raḥiimi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

Disebut juga dengan kalimat bismillah atau basmalah, merupakan salah satu kalimat thayyibah yang dibaca setiap untuk mengawali doa sehari-hari, seperti doa makan, doa bangun tidur, maupun doa menghadapi orang yang sedang marah. Makna dari doa ini adalah memohon kelancaran dari setiap perbuatan dan tindakan yang dilakoni.

2. Assalamu'alaikum

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya:
"Salam damai untukmu dan semoga Rahmat serta Keberkahan Allah menyertaimu."

Assalamualaikum disebut juga dengan kalimat salam, merupakan kalimat yng dibaca pada saat seorang muslim bertemu dengan muslim lainnya, baik ketika di tengah jalan atau bertamu ke rumah orang lain.

Bacaan assalamualaikum juga kerap dibaca sebagai bacaan ketika masuk rumah meskipun di dalam rumah sedang tidak ada orang. Kalimat thayyibah assalamualaikum juga dijadikan sebagai doa ketika masuk rumah baru. Makna dari doa ini adalah mohon keselamatan dan dijauhkan dari marabahaya.

3. Subhanallah

سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى

Subhaanahuu wa ta’aalaa.

Artinya:
"Maha Suci Dia dan Maha Tinggi."

Kalimat subhanallah dibaca ketika seseorang melihat atau menyaksikan kejadian luar biasa, peristiwa langka, dan hal-hal yang sebelumnya belum pernah terlihat. Misalnya, ketika ada petir menggelegar. Bacalah kalimat subhanallah terlebih dahulu sebelum doa ketika mendengar petir. Makna dari doa ini adalah bahwa sesuatu yang terjadi di dunia merupakan atas seizin Allah SWT.

4. Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Laa Hawla wala quwwata illa billah.

Artinya:
"Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Kalimat laa haula walaa quwwata illa billaah merupakan kalimat yang dimaksudkan untuk menunjukkan pancaran ketaqwaan dan kepercayaan terhadap Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang layak disembah. Makna dari kalimat ini adalah menujukkan kefanaan manusia terhadap segala hal yang menjadi kekuasaan Allah SWT.

5. Laa Ilaaha Illallah

آإِلَهَ إِلاَّ الله

Laa ilaaha illallah.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Allah."

Kalimat ini memiliki bacaan lengkap yaitu laa ilaahaillallah wahdahu lah syarika laka lahulmulku malhamdu yuhyi wahuwa’ala kulli syai’in qadir. Kalimat ini adalah salaah satu kalimat thayyibah atau kalimat yang sangat istimewa dan baik..

Melalui sebuuah hadist yang diriwayatkan salah seorang dari sahabatnya, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa apabila ada seseorang yang membaca kalimat ini secara istiqomah dan tulus, maka Allah akan menghapuskan 100 macam dosanya dan memberi 100 macam kebaikan kepadanya.

6. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji'un

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.

Artinya:
"Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali."

Kalimat inna lillahi wa inna ilaihi roji'un merupakan kalimat yang dibaca pada saat seseorang telah meninggal dunia, atau ada kabar yang menyiratkan bahwa ada seseorang yang telah berpulang dan tidak akan kembali lagi ke dunia. Kadang, kalimat ini juga dibaca saat terjadi kecelakaan ata bencana alam.

Makna dari kalimat ini adalah bahwa kita percaya segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan atas kehendak Allah SWT. Segala yang diturunkan ke bumi oleh-Nya akan kembali kepada-Nya kelak suatu hari nanti.

7. Astaghfirullah

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astaghfirullahal Adzim.

Artinya:
"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung."

Kalimat ini diucapkan ketika seseorang telah melakukan kesalahan atau perbuatan dosa. Kalimat ini juga disebut dengan bacaan istighfar. Memperbanyak kalimat istighfar sangat baik untuk memohon ampun kepada-Nya. Makna dari doa ini adalah kita memohon ampun kepada Allah SWT yang maha pemurah.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang kalimat thayyibah, kalimat thayyibah arab dan artinya, kalimat thayyibah untuk anak tk, kalimat thayyibah alhamdulillah, kalimat thayyibah takbir, kalimat thayyibah tasbih, kalimat thayyibah masya allah, kalimat thayyibah subhanallah, kalimat thayyibah alhamdulillah

Kalimat thayyibah untuk anak tk, 10 kalimat thayyibah dan artinya, kalimat thayyibah ta'awudz, arti subhanallah adalah, bacaan hamdalah adalah, subhanallah artinya, bunyi kalimat tahmid, kalimat tarji, kalimat tauhid, arti alhamdulillah, kalimat thayyibah bahasa arab, allah maha suci berarti memiliki sifat.

Baca:

Posting Komentar untuk "7 Kalimat Thayyibah dan Artinya Untuk Anak TK"