Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Puasa yang Shahih

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang puasa. Umat Islam mengenal banyak sekali jenis puasa, mulai dari yang wajib dan yang sunnah. Keduanya bisa dikerjakan untuk mendapatkan pahala berlimpah dan ridho dari Allah SWT.

hadits tentang puasa

Sebut saja puasa ramadhan dan puasa nazar, dua jenis puasa wajib yang harus dikerjakan ketika waktunya tiba. Lalu ada puasa syawal dan puasa rajab, dua puasa sunnah yang bila dikerjakan maka umat muslim akan mendapatkan banyak sekali pahala.

Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan kepada kita untuk menunaikan puasa wajib dan sunnah. Beliau pun tidak pernah meninggalkan puasa sunnah dan sudah menjadi keseharian hidupnya, lantas mengapa kita tidak mengikutinya?

Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan beberapa daftar kumpulan hadits dan dalil shahih tentang puasa dan artinya. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Daftar Hadits Tentang Puasa dan Artinya

Berikut merupakan kumpulan hadits tentang keutamaan menjalani ibadah puasa ramadhan, puasa wajib, dan puasa sunnah lainnya. Hadits ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya atau terjemahan Indonesia lengkap.

1. Hadist Riwayat Muslim

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

"Sholat lima waktu, antara sholat Jum'at ke Sholat Jum'at dan Ramadhan ke Ramadhan penghapus dosa diantara keduanya, jika dijauhi dosa-dosa besar,".

2. Hadist Riwayat Bukhari

diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap tindakan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan, tindakan yang baik akan dilipatgadakan pahalanya hingga 700 kali. Allah SWT berfirman: Dengan syarat berpuasa yang dilakukan karena Aku (Allah) maka Aku akan memberinya pahala. Karena mereka meninggalkan keinginannya demi Aku." Ada dua kebahagiaan bagi orang berpuasa, pertama ketika dia berbuka, dan yang lain ketika dia bertemu Tuhannya, dan bau mulut orang berpuasa lebih baik di hadapan Allah daripada aroma minyak misk,

3. Hadist Bukhari Muslim

diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Siapapun yang menjalankan puasa selama Ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosanya di masa lalu akan diampuni,".

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

"Sholat lima waktu, antara sholat Jum'at ke Sholat Jum'at dan Ramadhan ke Ramadhan penghapus dosa diantara keduanya, jika dijauhi dosa-dosa besar,".

4. Hadist Riwayat Ahmad

Diriwayatkan dari Abdullah ibn Amr ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Puasa dan Alquran akan menengahi atas nama hamba Allah pada waktu hisab. Puasa akan berkata: "Ya Tuhanku! Saya mencegahnya dari makanan dan nafsu di siang hari, maka terimalah syafaat saya untuknya." Dan Alquran akan berkata: 'Ya Tuhanku! Saya mencegahnya tidur di malam hari, jadi terimalah syafaatku untuknya," Dengan demikian syafaat keduanya akan diterima,".

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)."

5. Hadist Riwayat Nasai

Diriwayatkan dari Utsman Bin Abi Al-‘Aas, Rasulullah SAW bersabda:

"Puasa sebagai perlidungan diri dari api neraka,".

6. Hadits Rasulullah SAW

Rasulullah shallallahu'alahiwa sallam menyampaikan Firman Allah SWT dalam sebuah hadits:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى

"Seluruh amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman, "Kecuali puasa. Sebab pahala puasa adalah untuk-Ku. Dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat dan makannya karena-Ku."

Kesimpulan

Demikian cuplikan ulasan singkat mengenai hadits tentang puasa, hadits tentang puasa sunnah, hadits tentang puasa senin kamis, dalil tentang puasa, asbabul wurud hadits tentang puasa, hadits tentang puasa arab dan artinya.

Baca: