Bacaan Doa Niat Sholat Idul Fitri dan Idul Adha Beserta Artinya

Konten []
    Abiabiz.com - Bacaan doa niat sholat idul fitri dan idul adha. Sholat ied atau sholat hari raya merupakan sholat sunnah sekali dalam setahun yang dikerjakan bertepatan pada hari raya. Dalam Islam, terdapat dua hari raya yakni idul fitri atau lebaran dan idul adha atau hari raya kurban.

    bacaan lafadz niat sholat idul fitri dan idul adha

    Idul fitri dirayakan setiap tanggal 1 Syawal setelah melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh sebagai hari kemenangan bagi umat Islam yang berhasil menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh tanpa putus.

    Sedangkan idul adha merupakan hari raya yang bertepatan dengan ibadah haji. Idul adha juga disebut sebagai hari raya qurban karena hari tersebut merupakan peringatan peristiwa Nabi Ibrahim AS diuji oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Ismail AS.

    Ketika pisau sudah berada di leher Nabi Ismail, Allah SWT menggantinya dengan seekor domba. Alhasil Nabi Ismail tidak jadi disembelih dan Nabi Ibrahim lulus ujian yang membuktikan bahwa keimanan serta ketaqwaannya kepada Allah SWT melebihi apapun.

    Baik sholat idul fitri maupun sholat idul adha dikerjakan pada pagi hari sebelum masuk waktu dhuha, yakni antara sekitar pukul 7 hingga 8 pagi dan didahului dengan membaca doa takbir sepanjang malam mulai dari setelah sholat isya sampai masuk waktu sholat id.

    Kedua sholat hari raya tersebut memiliki bacaan niat yang berbeda, namun sama-sama dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Cara mengerjakannya sedikit berbeda dengan sholat lain, pada rakaat pertama membaca 7 kali bacaan takbir dan pada rakaat kedua membaca 5 kali takbir.

    Surat al-quran yang dibaca setelah surat al-fatihah pada sholat idul fitri dan idul adha diutamakan yang panjang meski tidak ada larangan untuk membaca surat yang lebih pendek. Sholat ied harus dikerjakan secara berjamaah di masjid, tidak boleh sendiri-sendiri.

    Niat Sholat Idul Fitri

    niat sholat idul fitri

    Sebelum melaksanakan sholat hari raya lebaran, bacalah lafadz doa niat sholat idul fitri berikut ini. Dalam bahasa arab, latin beserta artinya.

    1. Niat Sholat Idul Fitri Makmum

    اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatan 'iidil fithri rok'ataini ma'muuman lillaahi ta’aalaa.

    Artinya:
    "Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala."

    2. Niat Sholat Idul Fitri Imam

    اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatan 'iidil fithri rok'ataini imaaman lillaahi ta’aalaa.

    Artinya:
    "Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka’at sebagai imam karena Allah Ta'ala."

    Setelah selesai melaksanakan sholat idul fitri, biasanya umat muslim akan saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan. Tidak lupa sepanjang jalan pulang untuk menyambangi rumah kerabat atau saudara. Tujuannya adalah mempererat tali silaturahmi.

    Niat Sholat Idul Adha

    niat sholat idul adha

    Berikut adalah lafadz doa niat sholat idul adha dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

    1. Niat Sholat Idul Adha Makmum

    أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى مَأْمُوْمًا للهِ تَعَــــــــالَى

    Ushalli rak'ataini sunnata-li 'iidil adl-ha ma'muuman lillahi ta'aala.

    Artinya:
    "Aku niat melaksanakan shalat sunnah Idul Adha sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

    2. Niat Sholat Idul Adha Imam

    أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى إِمَامًا للهِ تَعَــــــــالَى

    Ushalli rak'ataini sunnata-li 'iidil adl-ha imaaman lillahi ta'aala.

    Artinya:
    "Aku niat melaksanakan shalat sunnah Idul Adha imam karena Allah Ta'ala."

    Setelah selesai sholat, acara dilanjutkan dengan kegiatan menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, domba atay kerbau dan membagikan dagingnya ke masyarakat khususnya mereka yang tidak mampu.

    Kesimpulan

    Itulah bacaan lafadz atau doa niat sholat ied baik untuk sholat idul fitri pada hari raya lebaran tanggal 1 syawal dan sholat idul adha pada hari raya kurban tanggal 10 dzulhijjah. Mari sama-sama kerjakan sholat id karena kita hanya memiliki kesempatan sekali setahun untuk melaksanakannya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments