Doa Agar Mudah Paham dan Hafal Pelajaran Serta Al Quran

Doa Agar Mudah Paham dan Hafal Pelajaran Serta Al Quran
Konten []
    Abiabiz.com - Doa supaya mudah paham memperkuat ingatan. Apakah kalian bercita-cita menjadi hafidz quran? Ataukah tidak memiliki kemauan karena merasa sulit untuk menghafal seluruh ayat suci Al Quran yang begitu banyak?

    doa agar mudah paham dan hafal pelajaran serta alquran

    Memang benar kemampuan berpikir manusia berbeda-beda, ada yang mudah menghafal, ada yang cepat tanggap, namun ada pula yang gampang lupa dan lambat untuk memahami sesuatu, termasuk menghafalkan semua ayat Al Quran.

    Namun ingat bahwa Allah SWT tidak akan mengubah nasib seseorang sebelum orang itu mengubah nasibnya sendiri. Allah Ta'ala tidak akan membuat kita menjadi orang yang tiba-tiba pandai dan mudah menghafal jika kita tidak berusaha.

    Lagipula, kemampuan berpikir seseorang bukanlah takdir yang tidak bisa diubah. Kita bisa mengubahnya asalkan membiasakan diri, berusaha dengan keras dan tentu saja dengan terus berdoa kepada Allah SWT mohon diberi kekuatan ingatan serta agar cepat paham.

    Insya Allah apabila kita berusaha keras untuk menghafal seluruh ayat dalam al Quran, serta mengamalkan doa pendek berikut ini, bukan tidak mungkin suatu saat kita akan menjadi hafidz Quran yang terkenal. Amin.

    Selain untuk menghafal Al Quran, doa-doa pendek berikut ini juga bisa dijadikan amalan untuk meminta kepada Allah SWT agar kita dikaruniai kemudahan dalam berpikir serta memahami materi pelajaran yang diajarkan guru di kelas.

    Pada kesempatan ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa supaya mudah paham pelajaran di sekolah serta doa supaya mudah menghafal Al Quran yang bersumber dari berbagai hadits shahih sesuai sunnah.

    Doa Agar Mudah Paham Pelajaran di Sekolah

    doa agar mudah hafal dan paham

    Mungkin kita mengalami kesulitan dalam belajar, nilai selalu jeblok, tidak kunjung naik dan waktu ujian semester atau ujian nasional semakin dekat. Banyak sekali materi pelajaran yang belum kita pahami cara menyelesaikannya.

    Belajar dengan fokus adalah cara untuk dapat memahami ilmu pelajaran di sekolah. Berusahalah belajar dengan tenang, di dalam suasana yang damai dan tidak berisik. Karena jika belajar pada suasana yang tidak gaduh, pikiran kita akan bisa lebih berkonsentrasi untuk belajar.

    Selain itu, kita juga bisa membaca doa singkat berikut ini untuk mengiringi belajar kita, bisa dibaca sebelum dan sesudah belajar. Amalkan setiap kali kita akan mempelajari sesuatu, insya Allah, Allah Ta'ala akan membantu proses belajar kita.

    Berikut adalah bacaan doa agar mudah memahami materi pelajaran di sekolah ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

    اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم، وأكرمنا بنور الفهم، وافتح علينا بمعرفة العلم، وحسن أخلاقنا بالحلم، وسهل لنا أبواب فضلك، وانشرعلينا من خزائن رحمتك، برحمتك يا أرحم الراحمين

    Allaahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa bi nuuril fahmi, waftah ‘alainaa bi ma’rifatil ‘ilmi, wa hassin akhlaaqonaa bil hilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika, wan syur ‘alainaa min khozaaini rohmatika, ya arhamar rohimiina.

    Artinya :
    “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan keraguan/prasangka, mulyakanlah kami dengan cahaya kefahaman, bukakanlah kepada kami dengan ilmu pengetahuan, hiasilah/baguskanlah diri kami dengan akhlak yang baik, mudahkanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, bentangkanlah kepada kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, ya Tuhan Maha Pengasih sekalian yang berkasih sayang.”

    Doa Agar Mudah Hafal Al Quran

    Kemudian apabila kita ingin menjadi penghafal Al Quran yang baik, bacalah doa pendek berikut ini dan amalkan setiap akan membaca Al Quran maupun sesudah membaca Al Quran. Doa pendek berikut sangat baik diamalkan setiap akan mengaji.

    Makna atau fadhilah dari doa ini adalah memohon karunia dari Allah SWT agar mudah paham kepada Nabi dan bisa menghafal apa yang dihafal oleh para Rasul serta meminta supaya dianugerahi ilham oleh-Nya.

    Insya Allah, dengan membaca doa ini kita diberi kemudahan untuk menghafal atau mengingat setiap aya dalam kitab suci Al Quran. Berikut adalah teks lafadz bacaan doa supaya mudah meghafal, diberi kekuatan mengingat Al Quran bahasa Arab latin dan artinya.

    اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

    Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi’afiatin ya arhamarrohimin.

    Artinya :
    “Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang.”

    Kesimpulan

    Itulah beberapa doa agar mudah hafal dan paham, doa diberi kekuatan memahami materi pelajaran, doa agar fokus dan konsentrasi belajar, doa supaya tidak mudah lupa, doa agar terus ingat, doa mohon kekuatan menghafal alquran dan materi pelajaran di sekolah.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>