Doa Memohon Kekuatan Dalam Menghadapi Cobaan

Konten []
    Abiabiz.com - Doa memohon kekuatan dalam menghadapi cobaan. Setiap manusia pasti memiliki cobaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Semakin tinggi iman seseorang, maka cobaan yang diberikakn Allah SWT akan lebih berat.

    doa mohon kekuatan dalam menghadapi cobaan

    Ketika dapat melaluinya, maka kekuatan imannya akan bertambah begitu pula dengan sifat sabar dan semangat untuk mencari solusi atau jalan keluar dari sebuah permasalahan yang dihadapi baik cobaan yang ringan maupun yang berat.

    Dalam menghadapi cobaan atau tantangan, tentu kita harus memiliki kekuatan baik secara fisik maupun mental. Kedua jenis kekuatan tersebut perlu kita miliki agar dapat menghadapi cobaan yang diberikan Allah Ta'ala dan melewatinya.

    Kekuatan fisik diperlukan agar tidak mudah pingsan atau jatuh sakit apabila cobaan berkaitan dengan kehidupan jasmani sedangkan kekuatan mental atau batin diperlukan bila cobaan yang diberikan ada kaitannya dengan kehidupan rohani seperti hubungan dengan orang lain.

    Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memohon atau meminta kekuatan kepada Allah SWT, baik kekuatan fisik, mental, lahir batin, maupun kekuatan-kekuatan lainnya adalah dengan berdoa hanya kepada-Nya.

    Ketahuilah bahwa hanya Dia yang memiliki kuasa untuk menumbuhkan semangat dalam diri kita, hanya Dia yang mampu menghilangkan kesedihan dan rasa cemas ketika kita dilanda masalah serta hanya Dia yang mampu menolong kita untuk menghadapi cobaan yang berat.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa memohon kekuatan dalam menghadapi cobaan untuk mengatasi beratnya beban hidup, meminta kekuatan beribadah, iman, menghilangkan stres, doa agar diberi kemudahan dalam menghadapi kesulitan.

    Doa Memohon Kekuatan

    Ada dua doa yang akan dibahas di sini yang pertama adalah doa meminta diberi atau diberkahi kekuatan fisik dan yang kedua adalah doa meminta diberkahi kekuatan mental, hati yang kuat, yang berkaitan dengan semangat dan kesabaran.

    Kedua doa ini bersumber dari hadits shahih tokoh-tokoh muslim dunia dan merupakan doa yang sangat mustajab untuk kita apabila sedang dilanda masalah, cobaan, musibah, marabahaya, halangan, rintangan atau tangangan hidup.

    Berikut adalah penjelasan dari kedua doa tersebut dan doa ini sangat baik apabila kita mengamalkannya saat merasa cobaan yang ada di depan mata kita tidak kunjung selesai atau berakhir.

    1. Doa Memohon Kekuatan Fisik Dari Allah SWT

    doa mohon kekuatan fisik

    Bacaan doa meminta diberi kekuatan fisik dari Allah Ta'ala berkaitan dengan kekuatan jasmani, kesehatan, tubuh yang kuat, kebal terhadap segala macam makanan, racun, memiliki sistem imun yang kuat dan tidak mudah sakit.

    Tujuannya adalah supaya ketika cobaan datang menghadang, kita tidak hanya tidur di atas ranjang karena tubuh dalam kondisi lemas, melainkan tetap mampu berdiri kemudian mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

    Berikut adalah bacaan lafadz doa mohon dan minta kekuatan fisik kepada Allah SWT sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang lengkap dan panjang.

    ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

    Allahumma maalikal mulki tu’tiil mulka man tasyaa-u watanzi’ul mulka mimman tasyaa-u watu’izzu man tasyaa-u watudzillu man tasyaa-u biyadikal khairu innaka ‘ala kulli syai-in qadiirun.

    Artinya :
    "Wahai Tuhan Pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapapun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapapun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapapun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapapun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Makakuasa atas segala sesuatu."

    2. Doa Memohon Kekuatan Mental Lahir Batin

    doa mohon kekuatan mental

    Sementara itu, doa memohon kekuatan mental lahir dan batin adalah doa yang dilafadzkan untuk meminta kepada Allah SWT agar hati ditabahkan, disabarkan, pikiran dijernikan, diterangkan, dan dijauhkan dari prasangka negatif.

    Doa ini juga dapat disebut dengan doa memohon kekuatan iman dan berbagi kebaikan karena ketika iman kuat, kita akan kembali percaya bahwa masalah seberat apapun pasti bisa kita lewati karena ada Allah SWT yang senantiasa membantu kita.

    Bacaan doa ini dapat dibaca sebagai dzikir atau wirid karena teksnya yang pendek, singkat, ringkas serta mudah diingat. Berikut adalah lafadz teks bacaan doa memohon kekuatan mental lahir batin atau kekuatan beribadah.

    قدَّرَ اللهُ وَمَا شَاءَ َفعَلَ 

    Qaddarallaahuu wa maa syaa-a fa‘ala.

    Artinya :
    "Allah telah menentukan takdirnya dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa mohon kekuatan, doa mohon diberi kekuatan iman, dalam islam, dan berbagai kebaikan, diri, fisik, doa memohon kekuatan dan kesabaran, hati, untuk beribadah, dalam menghadapi cobaan dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments