Doa Setelah Adzan dan Iqomat Sesuai Sunnah yang Benar

Doa Setelah Adzan dan Iqomat Sesuai Sunnah yang Benar
Konten []
    Abiabiz.com - Doa setelah adzan dan iqomat. Sholat lima waktu merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat muslim yang beriman kepada Allah SWT dan telah baligh atau sudah dewasa.

    doa setelah adzan dan iqomat

    Setiap akan memasuki waktu sholat, sudah menjadi kebiasaan umat muslim untuk mengumandangkan adzan di masjid atau mushola. Orang yang mengumandangkan adzan disebut dengan muadzin atau muadhin.

    Sebagai orang yang mendengarkan suara adzan, kita harus menghentikan segala aktifitas saat adzan tersebut dikumandangkan. Setelah adzan selesai, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sesudah adzan untuk menyempurnakannya.

    Barang siapa membaca doa adzan, insya Allah, Allah SWT akan melimpahkan banyak berkah dan pahala kepada mereka. Selain itu, banyak keutamaan lain dari menjawab adzan atau menyahuti suara adzan salah satu diantaranya adalah meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    Adapun iqomat merupakan doa yang dikumandangkan setelah adzan. Selisih antara adzan dan iqomat sekitar 5-10 menit. Kita pun dianjurkan untuk membaca doa selepas iqomat ketika iqomat sudah selesai dikumandangkan.

    Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa sesudah adzan dan iqomat yang benar, yang shahih dan sesuai sunnah. Doa ini bersumber dari hadits serta mungkin kerap kita dengar ketika mendengar siaran adzan di televisi.

    Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah

    doa setelah adzan

    Pada saat adzan kita diwajibkan untuk diam, tidak berbicara kepada siapapun, fokus untuk mendengar adzan serta menghentikan segala pekerjaan yang sedang dilakukan. Setelah adzan selesai, bacalah doa untuk menjawab adzan terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan aktifitas.

    Makna atau intisari dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT agar Nabi Muhammad SAW diberikan kedudukan yang tinggi, supaya kita dapat menegakkan sholat wajib lima waktu secara sempurna dan benar.

    Berikut adalah bacaan doa setelah adzan sesuai sunnah yang ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

    للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

    ‘Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’.

    Artinya :
    "Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia."


    Doa Setelah Iqomat Sesuai Sunnah

    doa setelah iqomat

    Sementara itu, doa sesudah iqomat dibaca ketika iqomat selesai dikumandangkan, tepatnya ketika kita sudah berbaris membantu shaff sholat dan siap untuk menunaikan ibadah sholat wajib. Doa selesai iqomat tidak sepanjang doa selesai adzan.

    Makna atau fadhilah dari doa ini adalah memohon supaya sholat yang kita kerjakan bisa diterima sebagai amal ibadah di mata-Nya. Serta mengekalkan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi sampai hari akhir atau hari kiamat tiba.

    اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

    Aqoomahallahu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.

    Artinya :
    "Semoga Allah mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada."

    Kesimpulan

    Itulah doa setelah adzan dan iqomat, doa menjawab, menyahuti, menanggapi suara adzan dan iqomat sesuai sunnah yang benar, bacaan setelah adzan dan iqomat, doa lafadz selepas, selesai, sesudah adzan serta iqomat.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>