Niat Mandi Hari Jumat Untuk Perempuan dan Laki-laki

Niat Mandi Hari Jumat Untuk Perempuan dan Laki-laki
Konten []
    Abiabiz.com - Niat mandi sunnah pada hari jumat. Hari jum'at adalah hari yang sangat mulia, segala kebaikan dapat terjadi di bulan ini. Bahkan ada yang menyebut bahwa jum'at adalah hari yang paling istimewa jika dibandingkan dengan hari-hari lain selama satu minggu.

    niat mandi hari jumat untuk perempuan dan laki laki

    Sebagai laki-laki atau pria, pada hari jumat, kita tidak melaksanakan sholat dzuhur, namun menggantinya dengan sholat jumat berjamaah di masjid. Sholat ini tidak dilakukan oleh perempuan atau wanita, hanya untuk laki-laki saja.

    Untuk mengawali ibadah sholat jumat, kita dianjurkan untuk membersihkan badan terlebih dahulu dengan mandi hari jumat. Meski tidak melakukan sholat jumat, namun mandi hari jumat juga bisa dilakukan oleh wanita sebagai amalan yang menambah pahala.

    Mandi dilakukan pada siang hari menjelang keberangkatan menuju masjid. Tata cara melaksanakan mandi hari jumat sedikit berbeda dengan mandi wiladah atau mandi junub yang harus membersihkan kemaluan dan wudhu terlebih dahulu.

    Mandi hari jumat hampir mirip dengan mandi hari biasa seperti yang kita lakukan pada pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah dan pada petang hari setelah pulang kerja atau sekolah untuk membersihkan tubuh yang penuh keringat.

    Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa lafadz niat mandi pada hari jumat untuk perempuan dan mandi sebelum berangkat jumatan untuk laki-laki. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

    Niat Mandi Hari Jumat Untuk Perempuan

    niat mandi hari jumat

    Mandi pada hari jumat untuk perempuan tidak hanya bisa dilakukan pada siang hari saja, melaikan juga pada hari yang penting dikerjakan sebelum adzan sholat jumat berkumandang. Karena jika melakukan setelah jum'atan selesai, maka mandi yang kita kerjakan sama saja seperti mandi biasa pada ummunya.

    Silahkan baca lafadz doa berikut ini sebelum memasuki kamar mandi maupun ketika sudah berada di dalam kamar mandi sebelum mengguyur tubuh menggunakan air. Waktu pembacannya sama seperti mandi junub atau wajib.

    Berikut adalah lafadz bacana doa niat mandi pada hari jumat untuk perempuan sebagai amalan tambahan, penyempurna hari jumat, doa mandi hari jumat dalam bahasa Arab, latin dan artinya silahkan disimak.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

    Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

    Artinya :
    “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala.”

    Niat Mandi Hari Jumat Untuk Laki-laki

    Untuk laki-laki, dianjurkana mandi mendekati waktu sholat jumat. Karena apabila dilakukan pada pagi hari, ditakutkan tubuh akan berkeringat lagi saat menjelang waktu jum'atan tiba. Maka sebaiknya mandi dilakukan pada siang hari.

    Mandi dilakukan seperti biasa, diawali dengan niat, lalu membersihkan seluruh tubuh dengan air dan sabun mandi sampai benar-benar bersih. Setelah itu, diteruskan dengan mengeringkannya menggunakan handuk yang bersih.

    Amalan lain yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan sholat jum'at bagi laki-laki adalah dengan memakai wangi-wangian, memotong kuku telapak tangan dan kaki, serta memotong rambut agar tidak terlalu panjang dan rapi.

    Berikut adalah lafadz niat mandi hari jumat menjelang sholat jum'at berjamaah ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah menurut hadits yang shahih dan benar.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

    Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

    Artinya :
    “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala.”

    Kesimpulan

    Itulah niat mandi hari jumat, mandi sunnah sebelum jum'atan, mandi pada hari jum'at, niat mandi wajib, junub, pada hari jumat, mandi sunnah sebelum berangkat sholat jumat, mandi ketika hendak berangkat sholat jumat, dan lain-lain.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>