Doa Selamat Mohon Keselamatan Dunia Akhirat

Doa Selamat Mohon Keselamatan Dunia Akhirat
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa selamat dunia akhirat. Akan selalu ada bencana dan marabahaya yang membayangi manusia baik saat tidur, ketika beraktifitas maupun saat hanya diam termenung sendiri. Sebelumnya kita telah membahas doa tolak bala rebo wekasan, yakni doa khusus untuk menghindari musibah.

doa selamat mohon keselamatan dunia akhirat

Namun doa tersebut hanya dapat diamalkan pada hari rebo wekasan tau rabu pungkasan, hari rabu terakhir di bulan Safar. Bagaimana bila kita ingin berdoa memohon keselamatan kepada Allah SWT di waktu selain rabu wekasan? Ada amalan atau doa khusus.

Doa-doa yang akan dituliskan di bawah ini bersumber dari berbagai hadits shahih dan dapat diamalkan pada saat kapan saja mulai dari dijadikan dzikir setelah sholat tahajud, dzikir setelah sholat dhuha, sesudah membaca al quran, atau semacamnya.

Dalam doa ini, kita tidak hanya memohon keselamatan duniawi saja, melainkan juga memohon keselamatan akhirat. Apa sih bedanya? Keselamatan dunia contohnya keselamatan kerja, terhindar dari kecelakaan, atau hubungan buruk dengan orang lain.

Sedangkan keselamatan akhirat berhubungan dengan pahala yang kita peroleh, amal baik, serta hal-hal baik serta permohonan khusus agar kita masuk ke surga Allah SWT. Di bawah ini, kami akan menuliskan beberapa doa untuk memohon keselamatan dunia dan akhirat.

Doa Mohon Keselamatan Dunia

doa selamat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa keselamatan dunia contohnya seperti terhindar dari marabahaya, musibah, bencana baik yang ditimbulkan oleh alam maupun yang diakibatkan oleh manusia termasuk diri sendiri.

Memohon keselamatan dunia juga termasuk keselamatan atau keharmonisan hubungan dengan orang lain. Karena jika dua orang memiliki hubungan yang buruk, maka pertikaian atau perselisihan bisa terjadi kapan saja.

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa untuk mohon keselamatan dunia yang ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin serta artinya sesuai sunnah dan menurut hadits yang shahih dalam agama Islam secara singkat, pendek, dan ringkas.

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Atinya:
"Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati."

Doa Mohon Keselamatan Akhirat

Selain doa di atas, ada pula teks atau lafadz doa yang bisa diamalkan kapan saja mulai dari ketika selesai sholat, sesudah baca Al-Quran maupun pada malam hari setelah sholat tahajud. Bagi yang mengamalkannya secara istiqomah, insyaallah hidup di dunia dan akhiratnya akan dipenuhi keberkahan.

Doa di bawah ini pun dapat dijadikan amalan, wirid, atau dzikir ketika pengajian, saat khutbah hari jumat, maupun ketika pertemuan majelis taklim. Semakin banyak yang berdoa, insyaallah Allah SWT akan memberi berkah dan rahmat-Nya yang luar biasa.

Makna dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT supaya tidak menyiksa kita (di neraka) dikarenakan lupa atau bersalah. Kita juga memohon ampun dan maaf atas segala perbuatan dosa serta memohon rahmat untuk pertolongan karena Allah Ta'ala adalah Tuhan yang maha memaafkan lagi maha menolong. Berikut adalah bacaan doanya.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya:
"Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir." - (QS. Al‐Baqoroh: 286).

Kesimpulan
Itulah kumpulan doa selamat mohon keselamatan, doa mohon selamat dalam perjalanan, dari bencana, dajjal, sejahtera, pembedahan, bala dan kehinaan, doa mohon keselamatan keluarga, dalam bekerja, beragama, dan kesehatan, doa agar selamat dari bahaya, saat melahirkan, dari siksa kubur, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>