Niat dan Pengertian Sholat Tarawih Sebagai Imam Makmum

Niat dan Pengertian Sholat Tarawih Sebagai Imam Makmum
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan niat sholat tarawih. Seperti yang dijelaskan pada artikel puasa ramadhan, bahwa ada dua sholat sunnah yang hanya dikerjakan pada bulan ramadhan, yakni sholat tarawih yang akan dibahas pada kesempatan ini dan sholat witir.

sholat tarawih

Sholat tarawih sendiri adalah penyempurna ibadah puasa ramadhan, maka dari itu umat muslim sangat menanti-nantikan datangnya bulan ramadhan agar bisa menunaikan ibadah sholat sunnah yang begitu mulia ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dan definisi sholat tarawih lengkap beserta bacaan niat sholat tarawih sendiri, atau berjamaah sebagai imam dan makmum. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat isya pada bulan ramadhan. Biasanya, jamaah dan imam yang melaksanakan sholat isya tak akan kembali ke rumah masing-masing dulu, melainkan membaca sedikit dzikir setelah sholat kemudian menunaikan sholat sunnah.

Sholat tarawih dapat dikerjakan sebanyak 8 rakaat maupun 20 rakaat. Biasanya umat NU akan mengerjakan 20 rakaat masing-masing 2 rakaat salam. Sementara umat Muhammadiyah mengerjakan 8 rakaat dan masing-masing 2 rakaat.

Dalam mengerjakan sholt tarawih, setiap pergantian antara sholat satu dan sholat kedua, ada bacaan yang khusus dibaca sebagai perantara yakni bacaan doa bilal sholat tarawih. Doa tersebut dibaca oleh salah satu orang di antara makmum yang dikenal dengan bilal. Ketika bilal selesai membacakan doa, seluruh jamaah akan menjawabnya.

Niat Sholat Tarawih

niat sholat tarawih

Sholat tarawih dikerjakan secara berjamaah. Maka dari itu, terdapat perbedaan bacaan nait sholat tarawih untuk imam atau makmum. Masing-masing akan dijelaskan melalui penjelasan di bawah ini lengkap.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat tarawih yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih lengkap dalam bahasa Arab, tulisan teks latin atau terjemahan bahasa Indonesia atau artinya singkat, pendek, ringkas.

1. Niat Sholat Tarawih sebagai Imam

Bagi imam, berikut adalah lafadz niat sholat tarawih yang dibaca. Cara pembacaannya dengan suara pelan. Setelah membaca niat, kemudian melafadzkan takbiratul ihram dengan suara keras untuk memberi tanda kepada jemaah bahwa sholat telah dimulai.

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya:
"Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

2. Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum

Sebagai makmum, berikut adalah bacaan lafadz yang perlu dibaca dengan suara pelan. Niat ini dilafadzkan ketika imam telah mengumandagkan takbiratul ihram dan telah melipat kedua tangannya ke depan dada.

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya:
"Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

Kesimpulan
Sekian penjelasan mengenai niat sholat tarawih imam dan makmum, dan witir, artinya, arab latin, bacaan sendiri berjemaah, bulan ramadhan, tata cara, pengertian, panduan, bacaan sholat tarawih, sholat tarawih berapa rakaat, dan secara lengkap.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>