Doa Kenduri Selamatan Jawa Arab Latin Artinya

Doa Kenduri Selamatan Jawa Arab Latin Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa kenduri selamatan. Kenduri atau kenduren merupakan salah satu adat dan kebiasaan yang sudah lama berlangsung di tanah Jawa. Kenduri atau selamatan merupakan kegiatan perjamuan makan yang dimaksudkan untuk mencari berkah, menghadapi peristiwa, dsb.

doa kenduri selamatan

Pada saat kegiatan tersebut berlangsung, biasanya umat muslim akan mengiringinya dengan doa. Doa yang dipanjatkan memiliki berbagai tujuan, seperti memohon kebaikan, menghindarkan dari bencana, melimpahkan berkah, dan lain sebagainya.

Saat Islam masuk ke Indonesia, kegiatan kenduri ini pun turut bertransformasi mengikuti syariat Islam. Doa-doa yang dipanjatkan pun sesuai sunnah dan hadist untuk meminta keberkahan, perlindungan, dan keselamatan.

Seperti apa doanya? Nah bagi yang belum mengetahuinya, pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks, lafadz, bacaan doa kenduri atau selamatan yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih dan ditulis menggunakan bahasa Arab, latin, dan terjemahannya lengkap.

Lafadz Doa Kenduri Selamatan

Doa ini dirangkum dari berbagai sumber. Ada doa yang berasal dari hadist shahih, ada pula yang teks atau lafadznya berasal dari ayat suci Al-Quran. Keduanya sama-sama mustajab karena merupakan doa untuk memohon kebaikan kepada Allah SWT.

Langsung saja tanpa basa basi kembali, silahkan simak penjelasan mengenai teks, lafadz, bacaan doa kenduri, kenduren, atau selamatan secara lengkap di bawah ini lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah dan hadist.

1. Doa Kenduri Berdasarkan Hadist Shahih

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa 'aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti.

Atinya:
"Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati"

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin 'alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal'afwa 'indal hisaabi

Artinya:
"Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan"

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab

Artinya:
"Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi"

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaa ban naar

Artinya:
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

2. Doa Kenduri yang ada di Dalam Al-Quran

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya:
"Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami,  serta  rahmatilah  kami. Kaulah  Penolong  kami,  maka  tolonglah  kami  untuk mengalahkan orang‐orang kafir."
(QS. Al‐Baqoroh: 286).

Manfaat Doa Kenduri Selamatan

Keutamaan dan manfaat dari doa ini sangatlah luar biasa. Bagi Anda yang menjadikannya wirid atau dzikir saat kenduri atau kenduren, insyaallah kehidupan kita di hari esok akan lebih baik daripada hari ini. Tentunya dengan pertolongan dan uluran tangan Allah SWT.

Lalu, apa sih manfaaat dari doa ini? Bila kita memanjatkannya, maka kita akan secara langsung memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan dalam agama, kesejahteraan pada tubuh, dan penambah ilmu, rezeqi, serta rahmat sebelum meninggal dunia. Saat meninggal dunia, kita juga akan dimudahkan ketika pencabutan nyawa, selamat dari api neraka, dan mendapat maaf saat amal diperhitungkan.

Tidak hanya itu, melalui doa ini kita juga memiinta kepada-Nya untuk memafkan kita dari siksaan karen alupa atau bersalah. Kita memohon kepada Allah SWT agar jangan membebankankita beban yang berat seperti Allah SWT memberi beban kepada orang-orang sebelum kita.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang bacaan doa kenduri selamatan, doa syukuran, cara memimpin doa syukuran, doa keselamatan, doa acara syukuran bahasa arab, doa setelah sholat, doa umum, doa selamat dunia akhirat panjang, doa sejagat.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>