Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Memburu Lailatul Qadar

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang lailatul qadar. Dalam bulan Ramadhan, ada satu malam yang disebut-sebut di dalam Alquran lebih baik dari malam 1.000 bulan. Di malam pertengahan ibadah puasa ramadhan tersebut, seseorang dianjurkan untuk mengamalkan berbagai ibadah.

hadist tentang lailatul qadar

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah sholat lailatul qadar. Sholat tersebut merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan pada malam hari di sepertiga malam terakhir bulan ramadhan untuk menggapai dan memburu malam lailatul qadar.

Malam lailatul qadar begitu istimewa karena di malam tersebut seluruh malaikat yang ada di surga turun ke bumi untuk menyaksikan umat muslim dan muslimah beribadah kepada Allah SWT. Tentu saja ibadah yang dijalani akan langsung dicatat oleh malaikat dan bahkan dilipatgandakan pahalanya.

Pembahasan mengenai keutamaan dan pentingnya malam lailatul qadar telah banyak dijelaskan di hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Nabi atau tokoh muslim. Di sini, kami akan membagikan daftar hadist shahih tentang memburu malam lailatul qadar yang benar dan sesuai sunnah.

Kumpulan Hadist Tentang Lailatul Qadar

Tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak pembahasan lengkap mengenai hadist tentang menggapai keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar. Hadist selengkapnya ditulis dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia di bawah ini.

1. Hadist Tentang Dosa Diampuni pada Malam Lailatul Qadar

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:
"Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari)

2. Hadist Tentang Doa yang Dibaca pada Malam Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya:
"Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku)." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Hadist Tentang Waktu Kemunculan Malam Lailatul Qadar

تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان

Artinya:
"Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari)

4. Tanda Munculnya Malam Lailatul Qadar

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

Artinya:
"Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan."
(HR. Ath Thoyalisi)

5. Dosa Diampuni

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:
"Hidupkan malam lailatul qadar dengan mengharap pahala, apalagi berniat riya."

6. Hadist Doa Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya:
"Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)."

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai hadist tentang lailatul qadar, hadits qudsi tentang lailatul qadar, hadits tentang keutamaan lailatul qadar, hadits tentang doa lailatul qadar, hadith tentang memburu lailatul qadar, hadits shahih tentang lailatul qadar, hadits yang menjelaskan tentang lailatul qadar, hadits tentang malam lailatul qadar.

Baca: