Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadist Dalil Tentang Semangat Berjuang

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang semangat berjuang. Ada banyak tantangan dan cobaan kita hadapi di dunia ini, namun ingat kita memiliki Allah SWT sebagai penolong. Sehingga sudah sepantasnya kita terus bersemangat untuk berjuang dalam hal apapun.

hadits tentang semangat berjuang

Mulai dari ketika bekerja, belajar, tertimpa musibah, atau yang lain sebagainya, sikap optimis dan ikhtiar serta tawakal perlu kita miliki dalam hati. Bacalah doa ikhtiar dan tawakal sewaktu kita menghadapi kesulitan untuk bangkit dari keterpurukan.

Dalam hadist-hadist shahih, banyak pula penjelasan mengenai pentingnya untuk bersikap semangat dalam menempuh perjuangan. Di sini, kami akan membagikan hadist atau dalil tentang hal tersebut yang semoga bermanfaat untuk kebaikan bersama.

Kumpulan Hadist Tentang Semangat Berjuang

Di bawah ini ada berbagai hadist shahih tentang samangat berjuang untuk mencapai tujuan, menghadapi masalah, dan sebagainya. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Kejar Akhirat Dunia Mengikuti

"Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

2. Jadi Orang Bermanfaat

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain." (HR. Ahmad, Thabrani, dan Daruqutni)

3. Tinggalkan Keraguan

"Tinggalkanlah sesuatu yang meragukanmu kepada sesuatu yang tidak meragukanmu." (HR. Tirmidzi dan Nasai)

4. Jangan Sesali Apapun

"Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan : 'Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.' Akan tetapi hendaklah kau katakan : 'Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah dia kehendaki pasti terjadi.' Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu setan." (HR Muslim)

5. Hasil Akhir yang Menentukan

"Sesungguhnya amal ibadah itu tergantung hasil akhirnya." (HR. Bukhari)

Kesimpulan
Itu dia pembahasan singkat mengenai hadist tentang semangat berjuang, hadits tentang motivasi hidup, hadits tentang usaha dan kerja keras, ayat alquran tentang menggapai cita-cita, kumpulan hadits, hadist tentang sabar, hadits tentang menuntut ilmu, hadits tentang berubah kearah kebaikan, hadits tentang muhasabah diri, hadits tentang hijrah karena wanita.

Baca: