Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Kejujuran dan Latinnya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang kejujuran. Setiap orang harus bersikap jujur dalam segala situasi dan kondisi. Jangan pernah sekali-kali berbohong karena itu merupakan perbuatan dosa, terlarang, serta akan menimbulkan masalah lebih lanjut.

hadits tentang kejujuran

Meski ada yang menyebut jika berbohong demi kebaikan itu boleh, namun usahakan jangan dilakukan. Sebab kejujuran adalah perintah Allah SWT yang dituliskan dalam Al Quran dan hadits. Bila kita banyak mengaji serta membaca hadits, kita akan tahu.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan beberapa daftar kumpulan hadits shahih tentang kejujuran. Anda bisa menyimak ulasan selengkapnya dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia.

Harapannya semoga kita setelah membaca kumpulan hadits mengenai sikap jujur ini bisa membuat kita lebih mengerti keutamaan dan fadhilahnya. Selain itu kita juga sama-sama berharap bisa menghindari kebohongan, apapun alasannya.

Kumpulan Hadits Mengenai Kejujuran

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak daftar kumpulan hadits shahih tentang kejujuran dan sikap jangan berbohong. Hadits ini ditulis dalam bacaan lafadz bahasa Arab, latin, beserta artinya.

1. Jujur Membawa ke Surga

عَلَـيْكُمْ بِـالصِّدْقِ فَاِنَّ الصِّدْقَ يَـهْدِى اِلىَ اْلبِرِّ وَ اْلبِرُّ يَـهْدِى اِلىَ اْلجَنَّةِ. وَ مَا يَزَالُ الـرَّجُلُ يَصْدُقُ وَ يَـتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْـتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيـْقًا. وَ اِيـَّاكُمْ وَ اْلكَذِبَ فَاِنَّ اْلكَذِبَ يَـهْدِى اِلىَ اْلفُجُوْرِ وَ اْلفُجُوْرُ يَـهْدِى اِلىَ النَّارِ. وَ مَا يَزَالُ اْلعَبْدُ يَكْذِبُ وَ يَـتَحَرَّى اْلكَذِبَ حَتَّى يُكْـتَبَ عِنْدَ اللهِ كَـذَّابـًا

Artinya: "Wajib bagi kalian untuk jujur, karena sesungguhnya jujur itu membawa pada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga. Dan seseorang senantiasa jujur dan memilih kejujuran sehingga dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan takutlah kalian dari dusta, karena sesungguhnya dusta itu membawa kepada kedurhakaan, dan durhaka itu membawa ke neraka. Dan seseorang senantiasa berdusta dan memilih berdusta sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta."

2. Jujur Menjamin Mendapat Keberuntungan

اِضْمَنُوْا لىِ سِتًّا مِنْ اَنـْفُسِكُمْ، اَضْمَنْ لَكُمُ اْلجَنَّةَ. اُصْدُقُوْا اِذَا حَدَّثْـتُمْ، وَ اَوْفُوْا اِذَا وَعَدْتُمْ، وَ اَدُّوْا اِذَا ائْـتُمِنْـتُمْ، وَ احْفَظُوْا فُرُوْجَكُمْ، وَ غُضُّوْا اَبـْصَارَكُمْ، وَ كُـفُّـوْا اَيـْدِيـَكُمْ

Artinya: "Hendaklah kalian menjamin padaku enam perkara, niscaya aku menjamin surga bagi kalian. Jujurlah apabila kamu berbicara, tunaikan janji apabila kalian berjanji, laksanakan apabila kalian diberi amanah, jagalah kemaluan kalian, tundukkanlah pandangan kalian dan jagalah tangan kalian."

3. Jujur Mendapatkan Ketenangan Hati

حفِظْتُ مِنْ رسولِ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : دَعْ ما يَرِيبُكَ إِلَى مَا لا يَريبُكَ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمأنينَةٌ، وَالْكَذِبَ رِيبةٌ

Artinya: "Tinggalkanlah olehmu apa saja yang kamu ragukan dan beralihlah kepada yang tidak kamu ragukan. Sesungguhnya kejujuran itu ketenangan dan kedustaan itu kebimbangan."

Kesimpulan
Singkat saja, itulah hadits nabi tentang kejujuran, dalil jujur dalam perbuatan, dalil naqli tentang jujur, tulislah salah satu hadis tentang perilaku jujur lengkap dengan artinya, tuliskan beberapa keuntungan di dunia sebagai buah dari perilaku jujur, hikmah perilaku jujur, keuntungan berperilaku jujur.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Kejujuran dan Latinnya"