Doa Agar Pikiran Terang dan Bercahaya Menurut Islam

Konten []
    Abiabiz.com - Doa agar pikiran terang dan bercahaya menurut islam. Seseorang pasti berharap memiliki pikiran yang terang dan bercahaya, agar ketika menghadapi masalah ia lebih dapat berpikir dengan tenang dan jernih untuk mencari jalan keluar.

    Doa Agar Pikiran Terang dan Bercahaya

    Setiap manusia pasti memiliki masalah dan kadang ada yang menghadapi masalah besar yang ia anggap terlalu sulit atau rumit untuk diselesaikan. Bahkan ada beberapa masalah yang membuat seseorang benar-benar putus asa, menyerah dan berpikir bahwa tidak ada cara penyelesaiannya.

    Padahal Allah SWT sendiri tidak akan pernah memberikan cobaan atau rintangan melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Maka dari itu, seharusnya dan sebenarnya kita bisa menyelesaikan masalah tersebut asal terus berdoa kepada-Nya.

    Aggapan tidak bisa menyelesaikan persolaan hanya muncul dari pikiran yang stres, maka dari itu, kita perlu memperbanyak doa supaya pikiran terang dan bersinar bagaikan cahaya. Maksud dari terang di sini adalah ditenangkan pikirannya, diberi kekuatan untuk berpikir dan semacamnya.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa supaya agar pikiran terang, doa mohon kekuatan berpikir doa memohon agar pikiran terang dan bercahaya untuk memohon kepada-Nya supaya kita bisa berpikir untuk mencari solusi menghadapi masalah yang ada.

    Doa Agar Pikiran Terang dan Bercahaya

    doa agar pikiran terang

    Doa ini selain untuk meminta pikiran agar terang, juga memohon kepada Allah SWT supaya segala yang ada di tubuh kita juga ikut diterangkan seperti cahaya hati yang terang, mata, telinga, tangan, wajah yang berseri dan muka yang bersinar.

    Selain itu, doa berikut juga bertujuan untuk memohon kepada allah Ta'ala agar pendengaran dan penglihatan juga diperlancar, diberi terang. Terakhir, dalam doa ini kita juga berharap agar kelak ketika meninggal dunia kuburan kita diterangkan dari kegelapan.

    Berikut adalah lafadz teks bacaan doa agar supaya pikiran terang dan bercahaya sesuai sunnah beserta latinnya dan juga tulisan Arab serta terjemahan Indonesia atau artinya lengkap panjang.

    اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًافِيْ قَلْبِيْ وَنُوْرًافِيْ قَبْرِيْ وَنُوْرًافِيْ سَمْعِيْ وَنُوْرًافِيْ بَصَرِيْ وَنُوْرًافِيْ شَعْرِيْ وَنُوْرًافِيْ بَشَرِيْ وَنُوْرًافِيْ لَحْمِيْ وَنُوْرًافِيْ دَمِيْ وَنُوْرًافِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًامِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَنُوْرًامِنْ خَلْفِيْ وَنُوْرًاعَنْ يَمِيْنِيْ وَنُوْرًاعَنْ شِمَالِيْ وَنُوْرًامِنْ فَوْقِيْ وَنُوْرًامِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًاوَاَعْطِنِيْ نُوْرًاوَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًاوَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

    Allaahummaj'al lii nuuran fii qalbii, wa nuuran fii qabrii, wa nuuran fii sam'ii wa nuuran fii basharii wa nuuran fii sya'rii wa nuuran fii basyarii wa nuuran fii lahmii wa nuuran fii damii wa nuuran fii 'idhaamii. Wa nuuran mim baini yadayya wa nuuram min khalfii wa nuuran 'an yamiinii wa nuuran 'an syimaalii wa nuuran min fauqii wa nuuram min tahtii. Allahumma zidnii nuuraw wa a'thinii nuuraw waj'al lii nuuraw waj'alnii nuuraan.

    Artinya :
    "Ya Allah jadikanlah cahaya dalam hatiku, cahaya dalam kuburku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya dalam rambutku, cahaya dalam kulitku, cahaya dalam dagingku, cahaya dalam darahku dan cahaya dalam tulang-tulangku. Dan cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di atasku dan cahaya di bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya kepadaku, berikanlah cahaya kepadaku dan jadikanlah cahaya bagiku dan jadikanlah diriku cahaya."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa agar pikiran terang, terbuka, selalu positif, tidak kotor, doa supaya pikiran terang, dewasa, tidak kosong, doa mohon diterangkan pikiran, amalan doa agar pikiran terang dan bercahaya, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments