Bacaan Doa Akan Mandi Biasa (Bukan Mandi Junub)

Bacaan Doa Akan Mandi Biasa (Bukan Mandi Junub)
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa akan mandi biasa. Kamar mandi adalah salah satu tempat yang disenangi oleh setan, jin dan iblis karena di sana merupakan tempat di mana manusia bisa dengan mudah kehilangan akal sehatnya dan melakukan apapun tanpa sepengetahuan orang lain.

doa akan mandi biasa

Selain itu, kamar mandi juga disenangi bangsa-bangsa makhluk halus tersebut karena tempat tersebut bukan merupakan tempat yang suci di mana pada tempat tersebut merupakan tempat seseorang buang air, mandi, membersihkan badan dari segala kotoran.

Termasuk ketika akan mandi, seorang muslim alangkah baiknya membaca doa terlebih dahulu untuk menghindari bisikan dan godaan syaitan yang terkutuk. Selain itu, berdoa saat akan mandi juga merupakan anjuran sebagaimana Rasul berkata kita dianjurkan berdoa ketika akan mengawali dan mengakhiri sesuatu.

Baca: Niat Mandi Hari Jumat

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bacaan teks lafadz doa ketika akan mandi biasa, bukan mandi junub atau mandi wajib. Apabila ingin membaca artikel mengenai mandi junub, silahkan klik tautan niat mandi wajib sesuai sunnah.

Bacaan Doa Akan Mandi Biasa

niat mandi biasa

Membaca doa saat akan mandi dapat dilakukan setelah memasuki kamar mandi, karena pada saat masuk kamar mandi, ada bacaan doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca yakni doa masuk kamar mandi.

Bacalah doa saat hendak mandi tepat sebelum mengguyur sekujur anggota tubuh menggunakan air yang bersih. Sebaiknya membaca doa dengan sungguh-sungguh, karena dengan itu, insya Allah Allah SWT akan meridhoi segala tindakan baik kita untuk menyucikan badan.

1. Doa Mandi Untuk Laki-laki

Bacaan mandi untuk laki-laki ini memiliki makna bahwa kita memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang diperbuat dan kesalahan yang dilakukan sebelum mandi, serta memohon kepada Allah SWT agar meluaskan rumahnya dengan keberkahan.

Selain itu, dalam doa ini kita juga memohon kepada-Nya agar melimpahkan rezeki kepada kita. Makna atau fadhilah dari doa ini adalah agar mandi yang kita lakukan dapat menjadi pembersih bukan hanya untuk badan kita, melainkan juga hati dan pikiran kita.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَوَسِّعْ لِىْ فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya:
"Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rizkiku."

2. Doa Mandi Untuk Perempuan

Tidak ada bedanya bacaan mandi untuk laki-laki dan juga untuk perempuan, teks dan lafadznya sama karena pada intinya, doa niat mandi biasa ini dibaca untuk memohon berkah kepada Allah SWT, entah itu kita wanita atau pria sama saja.

Berikut adalah teks lafadz bacaan doa mandi untuk perempuan dan laki-laki dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia sesuai sunnah yang singkat dan pendek.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَوَسِّعْ لِىْ فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya:
"Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rizkiku."

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai doa akan mandi biasa, hukum mandi wajib selepas mandi biasa, doa mandi setelah minum minuman keras, lupa membaca niat mandi, doa sebelum mandi islam, niat mandi sho, bes, malam hari, pagi hari.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>