Bacaan Niat Sholat Jenazah Sesuai Sunnah Pendek

Bacaan Niat Sholat Jenazah Sesuai Sunnah Pendek
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat jenazah. Ketika ada saudara muslim yang meninggal dunia, maka kewajiban kita sebagai pihak yang masih hidup adalah mengurus jenazahnya mulai dari memandikan, menyolatkan, hingga menguburkan.

sholat jenazah

Sebelumnya kita telah membahas mengenai niat memandikan jenazah, nah pada kesempatan ini kami ingin membahas kembali mengenai salah satu proses sebelum pemakaman jenazah umat muslim laki-laki atau perempuan, yakni sholat jenazah.

Sholat jenazah sebenarnya merupakan sholat sunnah, namun keutamaannya sangat luar biasa yang pertama adalah mengingatkan kita akan kematian yang bisa terjadi kapan saja dan yang kedua adalah memohon kepada Allah SWT agar dosa si jenazah dapat diampuni sehingga Ia bisa ditempatkan di sisi terbaiknya.

Mengerjakan sholat jenazah sedikit berbeda dengan sholat-sholat pada umumnya karena hanya dikerjakan pada posisi berdiri saja. Nah bagi yang belum tahu tata cara menunaikannya, pada kesempatan ini kami ingin membahasnya.

Yang akan kami bahas mulai dari pembacaan niat hingga tata cara pelaksanaan ibadah sholat sunnah jenazah secara singkat yang benar berdasarkan dalil dan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

Niat Sholat Jenazah

niat sholat jenazah

Sholat jenaza bisa dikerjakan secara berjamaah sebagai imam dan makmum maupun secara sendiri-sendiri atau munfarid. Masing-masing memiliki bacaan niat yang berbeda-beda tergantung sebagai apa mengerjakannya.

Jika mengerjakan sebagai makmum, maka pembacaan niat dibaca ketika imam selesai membaca takbiratul ikhram. Namun bagi imam atau munfarid, maka niat dibaca biasa saja tanpa menunggu aba-aba dari siapapun secara pelan dari dalam hati.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat jenazah atau sholat mayit untuk orang yang telah meninggal dunia dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah yang benar berdasarkan dalil dan hadist shahih.

1. Niat Sholat Jenazah Laki-laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat sholat atas mayit laki-laki ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala."

2. Niat Sholat Jenazah Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii ‘alaa haadzihil mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Jenazah

Mengerjakan sholat jenazah sedikit berbeda dengan mengerjakan sholat waijib atau sholat sunnah pada umumnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sholat jenazah dikerjakan hanya dengan posisi berdiri.

Selain itu, sama seperti sholat idul fitri atau sholat idul adha, sholat jenazah juga dikerjakan dengan lebih dari 1 kali takbir. Tepatnya ada 4 kali takbir yang masing-masing memiliki bacaan yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya, bagi yang belum mengetahui cara melaksanakan ibadah sholat sunnah jenazah, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini mengenai tuntunan atau panduan sholat sunnah jenazah atau sholat sunnah mayit.

1. Membaca Niat dan Takbir Pertama

Yang pertama adalah membaca niat seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jika sudah membaca  niat, diteruskan dengan membaca takbiratul ikhram pada takbir pertama kemudian membaca surat Al-Fatihah sebanyak 1 kali.

2. Takbir Kedua

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

"Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya:
"Ya Allah, anugerahkan shalawat kepda Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan shalawat kepada Nabi Ibrahim.Berikanlah keberkahan kpada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi kepada keluarga Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di dalam alam inilah Engaku Tuhan yang Maha Terpuji dan Maha Mulya."

3. Takbir Ketiga

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu wahamhu wa’aafihi wa’fu anhu, wa akrim nuzulahu wawassi’ madkhalahu wa aghsilhu minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubulabyadlu minad danas. Wa abdilhu daaraan khairam mind daarihi wa ahlan khairam min ahlihi wa ad khilhul jannata waaidzhu min ‘adsaabil qabri wa min ‘adsaabin naar.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah din, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampinulah dosa-dosanya, mulyakan tempatnya (ialah surga) dan luaskanlah kuburannya. Basuhkanlah kesalahan-kesalahannya sampai bersih sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran. Gantikanlah rumah lebih baik daripada rumahnya yang dulu, keluarganya lebih baik daripada keluarganya yang dulit; dan masukkanlah ia ke dalam surge dan jauhkanlah ia dari siksa kubur dan siksa api neraka."

4. Takbir Keempat

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allahumma laa tahrrimna aj-rahu walaa taftinnaa ba’dahu wagh firlanaa walahu.

Artinya:
"Ya Allah, janganlah engkau menutup-nutupi pahala mayit ini kepada kami dan janganlah diberikan fitnah kepada kami setelah kami meninggalkan mayit tersebut, ampunilah kami dan ampunilah dia."

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang niat sholat jenazah, bacaan shalat jenazah sesuai sunnah, doa sholat jenazah takbir ke 4, sholat jenazah muhammadiyah, doa sholat jenazah pendek, doa jenazah perempuan allahummaghfirlaha, gambar sholat jenazah, niat sholat jenazah untuk perempuan, laki-laki, wanita, dan doanya, anak, bahasa arab, beserta artinya, laki-laki dewasa, nu.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>