Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Sholat Tiang Agama

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang sholat. Salah satu ibadah yang wajin dolakukan oleh umat muslim ketika hidup di dunia adalah mengenai shoalt. Sholat terdiri dari dua maca, yakni sholat wajib dan sunnah. Keduanya menawarkan pahala tinggi sehingga membuat banyak orang tetpikat.

hadits tentang sholat

Selain untuk mematuhi keajiban, sholat juga memiliki beragam manfaat lain. Misalnay dengan memanjatkan lafadz bacaan doa tentang sholat yang benar, kita bisa menjadi lebih mudah dan lancar dalam menjalani kehiduopan.

Banyak pula hadist-hadist shahih yang menjelaskan tentang pentingnya melaksanakan sholat dalam agama Islam. Ada pula penjelasan mengenai apa yang terjadi jika kita meninggalkan sholat. Mudah-mudahan ini bisa menjadi referensi pelajaran bagi kita semua.

Semoga dengan adanya hadits shahih yang benar sesuai sunnah ini bisa belanja barang-barang kebutuhan sehari-hari dalam shoalt yang. beanr sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih. Simak selengkapnya di bawah erangkat dari matahari.

Kumpulan Hadits Tentang Sholat

Berikut di bawah ini adalah beberapa kumpulan daftar hadist shahih dalam bahasa Arab tentang pentingnya menjalankan sholat dan keburukan bila meninggalnya, dalam bahasa Arab.latin, beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Penghibur Jiwa

 حُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنْيَا النِّسَاءُ وَالطِّيبُ، وَجُعِلَ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ

Artinya:
Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikan lah penyejuk hatiku dalam ibadah shalat.

قُمْ يَا بِلَالُ فَأَرِحْنَا بِالصَّلَاةِ

Artinya:
Wahai Bilal, berdirilah. Nyamankan lah kami dengan mendirikan shalat.

2. Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

utlu mā ụḥiya ilaika minal-kitābi wa aqimiṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta tan-hā 'anil-faḥsyā`i wal-mungkar, walażikrullāhi akbar, wallāhu ya'lamu mā taṣna'ụn

Artinya:
Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

3. Penolong
وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

wasta'īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, wa innahā lakabīratun illā 'alal-khāsyi'īn

Artinya:
dan mohon lah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ، صَلَّى

Artinya:
dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau mendirikan sholat.

4. Kebaikan yang Banyak

مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُورًا، وَبُرْهَانًا، وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُورٌ، وَلَا بُرْهَانٌ، وَلَا نَجَاةٌ ، وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُونَ، وَفِرْعَوْنَ، وَهَامَانَ، وَأُبَيِّ بْنِ خَلَفٍ

Artinya:
Siapa saja yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.

5. Penggugur Dosa

  • أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهْرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ، هَلْ يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَيْءٌ؟

Artinya:
bagaimana pendapatmu jika di depan pintu rumahmu ada sungai, lalu Engkau mandi sehari lima kali? Apakah tersisa kotoran di badannya?

لَا يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَيْءٌ

Artinya:
tidak akan tersisa kotoran sedikit pun di badannya

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda,

فَذَلِكَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ، يَمْحُو اللهُ بِهِنَّ الْخَطَايَا

Artinya:
itu adalah permisalan untuk shalat lima waktu. Dengan sholat lima waktu, Allah Ta'ala menghapus dosa-dosa (kecil).

Kesimpulan
Itu dia beberapa kumpulan bacaan hadist tentang sholat, shalat adalah tiang agama, 3 keutamaan shalat, keutamaan shalat rumaysho, apa yang dimaksud tata cara sholat, ancaman bagi orang yang meninggalkan shalat, hadist tentang sabar, hadist menuntut ilmu, hadits shalat tiang agama, hadits sholat tepat waktu, sholat itu tiang agama hadits riwayat, al ankabut ayat 45, syarat wajib shalat.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Sholat Tiang Agama"