Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Sholat Awwabin Untuk Tolak Bala dan Doanya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat awwabin tolak bala. Sebelumnya kami telah membahas mengenai doa tolak bala rebo wekasan yang merupakan doa yang dimaksudkan untuk memohon agar terhindar dari berbagai macam bala bencana dan bahaya.

sholat awwabin

Nah pada kesempatan ini kami akan membahas salah satu ibadah sholat sunnah yang dimaksudkan untuk memohon agar terhindar dari bala, bahaya, bencana, musibah, serta marabahaya. Sholat ini sangat baik dikerjakan bagi yang ingin terbebas dari bahaya.

Sholat ini dikerjakan setelah ibadah sholat maghrib pada malam hari. Sesudah maghrib, dianjurkan untuk menjalankan sholat sunnah 2 hingga 6 rakaat selain sholat qabliyah maghrib untuk memohon kelancaran dan kemudahan.

Bagi yang tidak mengerjakan sholat ini tidak masalah karena hukumnya sunnah, namun barang siapa yang menunaiknannya insya Allah aka mendapat berkah yang amat luar biasa dari Allah SWT. Maka dari itu, alangkah baiknya kita tidak melewatkannya.

Untuk lebih jelasnya pada kesempatan ini kami akan membahas tentang ibadah sholat awwabin mulai dari bacaan niat hingga tata cara pelaksanaannya. Mudah-mudahan dengan adanya informasi yang akan kami bahas di sini dapat menjadi pemicu kita sebagai umat muslim untuk menunaikannya.

Niat Sholat Awwabin Untuk Tolak Bala

niat sholat awwabin

Membaca niat sholat awwabin untuk menolak bala dan bencana harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam. Karena bila membacanya dengan main-main, maka kita tidak akan mendapat pahala apapun dari menunaikannya.

Selain itu, pelaksanaan sholat awwabin juga dilakukan secara sendiri-sendiri oleh karena itu hanya ada bacana niat sholat awwabin secara munfarid saja, tidak ada bacaan niat shoalt awwabin sebagai imam atau makmum berjamaah.

Untuk lebih jelasnya langsung saja silahkan simak pembahasan mengenai bacaan niat sholat awwabin untuk diri sendiri atau munfarid di bawah ini dalam bahasa Arab, tulisan latin sebagai syakalnya, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

اُصَلِّى سُنَّةَ الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal awwabina rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:
"Saya niat shalat sunah awwabin dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Awwabin dan Doanya

Pelaksanaan sholat awwabin seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni dilakukan pada saat sesudah menunaikan ibadah sholat maghrib di malam hari. Dianjurkan menunaikan sholat arbain sebanyak 2, 4, atau 6 rakaat.

Sholat arbain dikerjakan setiap 2 rakaat salam dan tata cara serta bacaan doanya sama seperti ibadah sholat sunnah pada umumnya seperti sholat tahajud, sholat dhuha, sholat istisqo, hingga ibadah sholat sunnah lainnya dalam agama Islam.

Untuk lebih lengkapnya bagi yang ingin mengetahui tata cara pelaksanaan, menunaikan, dan menjalankan ibadah sholat sunnah awwabin, silahkan ikuti panduan di bawah ini.
  • Pertama, baca niat sholat terlebih dahulu.
  • Setelah itu, baca takbiratul ikhram diteruskan dengan pembacaan doa iftitah.
  • Jika sudah, baca surat Al-fatihah diteruskan dengan salah satu surat pendek Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu, lakukan gerakan ruku' sambil membaca doa.
  • Berdiri kembali dengan tangan diluruskan ke bawah sambil membaca doa.
  • Selanjutnya sujud sebanyak dua kali sambil melaksanana duduk iftirasy.
  • Dilanjutkan dengan melaksanakan rakaat kedua dimulai dari pembacaan Al-fatihah hingga sujud kedua.
  • Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, kemudian baca tasyahud awal dan akhir.
  • Jika sudah, akhiri sholat dengan bacaan salam sebanyak dua kali.

Setiap gerakan sholat memiliki bacaan doa masing-masing. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas masing-masing gerakan dan tata cara sholat. Silahkan baca pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Sekian pembahasan lengkap mengenai niat sholat awwabin, latin, dan doanya, nu online, untuk tolak bala, nisfu syaban, dhuha, niat sholat sunnah awwabin, sholat awwabin dalilnya, setelah maghrib, doa setelah sholat awwabin, tuntunan sesuai sunnah, bacaan sholat, penjelasan lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Sholat Awwabin Untuk Tolak Bala dan Doanya"