Macam macam Puasa Nabi Terdahulu Sebelum Muhammas SAW

Konten []
    Abiabiz.com - Macam macam puasa nabi terdahulu sebelum muhammad saw. Kita tahu bahwa perintah untuk berpuasa yang ditulis dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 283 turun pada zaman Nabi Muhammad ketika melaksanakan perjalanan dakwah ke Madinah.

    puasa nabi terdahulu

    Tapi, apakah 25 Nabi dan Rasul tidak ada yang berpuasa selain Rasulullah SAW? Tentu tidak. Banyak riwayat yang menjelaskan bagaimana Nabi-Nabi terdahulu menjalankan ibadah puasa, bahkan dimulai sejak Nabi Adam pertama kali turun ke bumi.

    Untuk itulah puasa menjadi ibadah yang sangat istimewa seperti sholat, bahkan ada puasa yang wajib dikerjakan yakni puasa ramadhan. Berikut adalah penjelasan puasa-puasa yang pernah dikerjakan oleh para Nabi sebelum Muhammad SAW menerima waktu perintah puasa.

    Puasa Nabi Adam AS

    Disebutkan bahwa ketika Nabi Adam pertama kali turun ke bumi akibat terbujuk godaan syaitan untuk memakan buah khuldi, Nabi pertama di muka bumi ini langsung berpuasa selama sehari semalam. Nabi juga melaksanakan puasa saat setelah bertemu dengan Siti Hawa pada tanggal 10 Muharram.

    Puasa Nabi Nuh AS

    Nabi Nuh melaksanakan puasa tiga hari dalam sebulan selama setahun berturut-turut serta mengajak awak kapalnya yang naik akibat bencana banjir bandang untuk berdoa memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang diperbuat.

    Puasa Nabi Ibrahim AS

    Nabi Ibrahim menjadi Nabi yang sangat gemar berpuasa, menahan diri dari lapar, haus dan dahaga. Puasa-puasa Ibrahim AS ini ditulis dalam suhuf yang kemudian diikuti oleh kedua anaknya, Ismail AS dan Ishaq anaknya dari Sarah.

    Puasa Nabi Ya'qub AS

    Nabi Yaqub menjalani puasa ketika menjadi salah satu pembesar Mesir. Selain itu, Nabi Ya'qub juga berpuasa saat ditahan dalam penjara bersama tawanan lain. Menurutnya, puasa mengingatkannya kepada penderitaan dan perut orang fakir miskin.

    Puasa Nabi Ayub AS

    Nabi Ayub AS pernah diberi cobaan yang besar, Allah SWT membuatnya jatuh miskin dan pada saat iut, Nabi Ayub AS menjalankan puasa. Setelah cobaannya dicabut, Nabi Ayub tidak lantas berhenti dari puasanya, justru kemudian diikuti oleh Nabi Syu'aib AS.

    Puasa Nabi Musa AS

    Ketika akan menerima wahyu di Bukit Sinai, Nabi Musa AS berpuasa selama 40 hari 40 malam. Puasa ini juga diikuti kemudian oleh Nabi Ilyas AS ketika akan menerima wahyu di Horeb. Selain itu, Nabi Isa AS juga melakukannya saat akan menyatakan dirinya sebagai Rasul Allah SWT.

    Puasa Nabi Daud AS

    Nabi Daud AS pernah berpuasa selama 7 hari berturut-turut ketika anaknya menderita sakit untuk memohon kesembuhan dari Allah SWT. Selain itu, Nabi Dawud juga rutin menjalankan puasa dengan cara sehari puasa dan sehari tidak yang kemudian pada saat ini kita kenal dengan nama puasa daud.

    Puasa Nabi Yunus AS

    Terakhir adalah jenis puasa nabi terdahulu yang dilakukakn oleh Nabi Yunus AS. Puasa Nabi Yunus AS dilakukan ketika tertelan oleh ikan paus sebagai hukuman dari Allah SWT. Beliau baru berbuka saat disembur keluar dan terdampar di pinggir pantai. Menurut riwayat, Nabi Yunus AS berbuka dengan memakan buah sejenis labu.
    Show comments
    Hide comments