Doa Ketika Susah Tidur di Malam Hari Beserta Artinya

Doa Ketika Susah Tidur di Malam Hari Beserta Artinya
Konten []
    Abiabiz.com - Doa saat sulit untuk tidur atau insomnia. Biasanya, penyebab orang kesulitan untuk tidur antara lain karena memikirkan banyak hal, hati tidak tenang dan jantung berdegup lebih kencang dari biasanya.

    doa ketika susah tidur di malam hari beserta artinya

    Pikiran mengenai masalah yang sedang kita hadapi, bagaimana cara menjalani hari esok dengan baik-baik saja, pikiran tentang hal-hal yang membuat khawatir, cemas, was-was, dan takut sangat cukup untuk membuat kita tetap terjaga semalaman tanpa kopi.

    Satu-satunya cara supaya kita bisa segera tidur adalah membuat hati menjadi tenang, ikhlas, dan tidak gelisah, sehingga detak jantung menjadi melambat dan itu akan bisa memicu mata untuk terpejam sehingga kita bisa tidur.

    Namun, mungkin sangat sulit membuat hati menjadi tenang ketika kita memiliki banyak pikiran yang tidak bisa dilupakan. Apabila mengalaminya, maka kalian harus berdoa kepada Allah SWT, karena hanya Dialah yang memiliki kuasa untuk menenangkan hati seseorang.

    Baca: Doa Agar Pikiran Terang Bercahaya

    Bagaimana bacaan doanya? Seperti apa lafadz doa saat susah tidur pada malam hari, atau ketika terbangun di tengah malam karena bermimpi buruk dan tidak bisa tidur lagi hingga pagi? Silahkan simak dua doa berikut di bawah ini.

    Doa Ketika Susah Tidur di Malam Hari

    doa ketika susah tidur

    Bacalah doa berikut ini ketika benar-benar kesulitan untuk tidur, contohnya seprti saat sudah lewat tengah malam namun tidak kunjung mengantuk. Bacalah doa ini untuk memohon ketenangan di dalam hati dan pikiran. Bisa dibarengi dengan doa petang dan malam hari.

    Langsung saja, silahkan simak bacaan lafadz doa saat sulit untuk tidur pada malam hari atau dinihari dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah, yang benar, berdasarkan hadits shahih.

    اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

    Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada’atil ‘uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta’khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi’i lailii wa anim ‘aini.

    Artinya:
    "Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. wahai Tuhan yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku."

    Doa Ketika Susah Tidur Beserta Artinya

    Selain doa di atas, ada pula doa singkat saat susah tidur lengkap beserta artinya. Dalam doa ini kita memohon kepada Allah dari kejahatan serta gangguan dari syaitan yang mengganggu sehingga membuat hati dan pikiran kita menjadi gelisah.

    Silahkan baca doa berikut yang mudah dihafalkan, amalkan sebagai wirid dan dzikir menjelang tidur di malam hari atau siang hari. Berikut adalah lafadz bacaan doa saat sulit tidur yang benar sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW.

    فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

    Artinya:
    "Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan syaitan yang menghampiri."

    Kesimpulan

    Itulah doa ketika susah tidur di malam hari, doa untuk yang susah tidur pada malam hari, pejamkan mata dan lafadzkan doa, lantunan doa dari Rasulullah SAW ketika mengalami insomnia, doa agar mudah tidur nyenyak dan agar tidak diganggu syaitan.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>