Niat Tata Cara Sholat Hajat Permohonan Jodoh

Niat Tata Cara Sholat Hajat Permohonan Jodoh
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat hajat. Manusia tentu memiliki keinginan dan ciat-cita yang ingin dicapai selama hidup di dunia. Setidaknya, ada satu capaian yang ingin digapai seseorang selama hidup di bumi Allah SWT.

sholat hajat

Untuk mengejarnya, bagi yang bersungguh-sungguh akan berusaha semaksial mungkin dengan cara mengorbankan apa saja yang menurut mereka perlu dikorbankan. Selain itu, mereka juga akan berpasrah sepenuhnya kepada Allah SWT.

Sebab, tanpa adanya bantuan dan izin dari Allah SWT, kita tidak akan mungkin menggapai apa yang kita inginkan meski apa yang kita inginkan tersebut sebenarnya mudah untuk kita miliki. Allah SWT adalah Tuhan yang maha mengatur segalanya.

Sebelumnya kita telah membahas mengenai puasa hajat, yakni puasa sunnah yang dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT secara khusus agar permohonan dikabulkan, salah satunya soal jodoh yang ditakdirkan oleh Allah SWT.

Nah, Anda juga bisa melakukan amalan lainnya yakni amalan sholat hajat bila ingin memohon diberi jodoh yang baik, setia, dan bertaqwa kepada Allah SWT. Bagi yang belum tahu tata cara menunaikannya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Niat Sholat Hajat

niat sholat hajat

Sholat hajat dikerjakan sendiri-sendiri atau munfarid. Karena sifatnya yang merupakan sholat sunnah untuk memohon kepada Allah SWT suatu permohonan tertentu, maka sholat ini tidak dikerjakan secara berjamaah sebagai imam dan makmum.

Sholat hajat boleh dikerjakan secara munfarid oleh karena itu yang ada adalah bacaan doa niat sholat sunnah hajat untuk diri sendiri dan tidak ada niat sholat hajat sebagai imam atu makmum karena sholat ini tidak dikerjakan secara berjamaah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan mengenai bacaan lafadz doa niat sholat hajat yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara dan Doa Sholat Hajat

Untuk tata cara sholat hajat, boleh dikerjakan kapan saja, entah itu pada pagi hari sesuai waktu dhuha atau pada malam hari sesuai waktu sholat tahajud, asal tidak dikerjakan pada waktu-waktu diharamkannya sholat.

Sholat hajat umumnya dikerjakan sebanyak 2 rakaat, namun bisa juga ditunaikan sebanyak 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat tergantung niat diri masing-masing. Yang penting dalam setiap sholat, lakukan dengan khusyu' agar Allah SWT merindhoi keinginan kita.

Pembacaan doa sholat hajat serta gerakan dan tata cara melaksanakannya sama seperti sholat-sholat pada umumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan mengenai tuntunan dan panduan sholat hajat di bawah ini.
  • Pertama adalah membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian bacalah takbiratul ikhram.
  • Diteruskan dengan pembacaan doa iftitah.
  • Kemudian baca surat Al-Fatihah sekali dan satu kali baca surat pendek Al-Quran.
  • Diteruskan dengan ruku' sambil baca doa ruku'.
  • Kemudian dilanjut i'tidal sambil baca doa i'tidal.
  • Lalu dilanjutkan dengan melakukan sujud dan diselingi dengan duduk iftirasy sambil masing-masing membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, setelah sujud dan duduk iftirasy dilanjutkan dengan membaca doa tashyahud awal dan tasyahud akhir.
  • Kemudian sholat diakhiri dengan pembacaan doa salam.

Dijelaskan pada poin-poin di atas bahwa setiap gerakan sholat memiliki bacaan doa masing-maisng. Nah, bacaan doa tersebut sama seperti bacaan doa sholat wajib atau sholat sunnah. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasannya pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai niat sholat hajat, dan manfaatnya, dan doanya, nu, muhammadiyah, jodoh, malam, untuk hutang, tata cara sholat hajat rasulullah, khusus rezeki, yang mustajab, 4 rakaat, doa sholat hajat dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>