Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Sholat Nisfu Syaban Malam Hari Berapa Rakaat

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat nisfu sya'ban. Salah satu bulan yang paling mulia pada kalender hijriyah adalah bulan Sya'ban yang berlangsung tepat sebelum bulan suci Ramadhan datang. Saking mulianya, Rasul menganjurkan untuk memperbanyak ibadah pada bulan ini.

sholat nisfu syaban

Sebelumnya kita telah membahas mengenai puasa nisfu syaban, yakni sebuah puasa sunnah untuk dikerjakan sebagai amalan di bulan Sya'ban. Dan pada kesempatan ini kami akan kembali menjelaskan mengenai amalan lainnya, yakni nisfu sya'ban.

Banyak sekali keutamaan dari mengerjakan sholat sunnah nisfu sya'ban. Antara lain kita akan mendapat ridha Allah SWT, dilapangkan ketika berada di dalam siksa kubur, semakin didekatkan dengan surga Allah SWT, dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya.

Secara garis besar, pelaksanaan ibadah sholat sunnah nisfu sya'ban sama seperti ibadah sholat sunnah pada umumnya, mulai dari gerakan hingga masing-masing bacaan sholat. Namun ada yang sedikit berbeda, yakni dalam hal pembacaan niat.

Baca: Doa Setelah Sholat Nisfu Syaban

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sholat nisfu sya'ban secara lengkap mulai dari pembacaan niat hingga tata cara, tuntunan, gerakan, serta masing-masing bacaannya secara lengkap.

Niat Sholat Nisfu Sya'ban Malam Hari

niat sholat nisfu syaban

Sholat nisfu sya'ban dilaksanakan secara sendiri-sendiri dan tidak dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushola. Sehingga hanya ada bacaan niat sholat nisfu sya'ban sebagai diri sendiri atau munfarid saja.

Tidak ada bacaan niat sholat nisfu sya'ban berjamaah sebagai imam atau makmum karena memang ibadah sholat sunnah ini tidak dikerjakan secara berjamaah. Selain itu, sholat ini ditunaikan sebanyak 2 rakaat jadi dalam pembacaan niatnya menyesuaikan.

Berikut di bawah ini adalah lafadz teks doa bacaan niat sholat nisfu sya'ban yang benar dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih secara singkat, pendek, dan ringkas.

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan nisfu sya’baana rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:
"Saya sholat sunnat Nisfu Sya’ban dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Atau bisa juga membaca doa niat sholat sunnah nisfu sya'ban dua rakaat dengan menambahkan kata "lailati" yang artinya malam berikut ini.

اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnata lailati nisfu sya’baana rok’ataini lillahi ta’alaa.

Artinya:
"Saya sholat sunnat malam Nisfu Sya’ban dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban Berapa Rakaat

Sholat nisfu syaban dilaksanakan pada malam nisfu sya'ban, yakni ketika pertengahan bulansya'ban. Dikerjakan sendiri-sendiri atau munfarid di rumah masing-masing. Tidak dikerjakan secara berjamaah seperti sholat tarawih ataupun sholat witir.

Sholat ini cukup ditunaikan sebanyak 2 rakaat saja, namun bila ingin lebih bisa menunaikannya sebanyak 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat dengan masing-masing salam setiap 2 rakaat sekali. Sholat ini dikerjakan sehabis maghrib.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tuntunan, panduan, tata cara mengerjakan sholat sunnah nisfu sya'ban yang benar sesuai sunnah berikut ini.
  • Pertama, baca niat sholat terlebih dahulu.
  • Setelah itu baca takbiratul ikhram dan diteruskan dengan doa iftitah.
  • Apabila sudah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  • Diteruskan dengan ruku' sambil membaca doa ruku'.
  • Selanjutnya i'tidal sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan sujud sebanyak dua kali sambil membaca doa.
  • Di antara dua sujud, lakukan gerakan duduk sambil membaca doa iftirasy.
  • Berdiri kembali dan ulangi untuk rakaat kedua mulai dari pembacaan surat Al-Fatihah hingga sujud.
  • Setelah itu, lakukan gerakan tahiyat awal dan akhir sambil membaca doa.
  • Sholat diakhiri dengan membaca doa salam.

Masing-masing gerakan sholat memiliki bacaan doa yang berbeda. Kami tidak akan membahasnya di sini karena akan terlalu panjang. Silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang niat sholat nisfu syaban, arab, dan tata caranya, berapa rakaat, sendiri di rumah, malam hari, jatuh pada tanggal setelah maghrib, panduan, tuntunan, hukum, niat, tata cara sholat nisfu syaban sunnah, jam berapa sholat nisfu syaban dilaksanakan keutamaan malam, tata cara sholat, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Sholat Nisfu Syaban Malam Hari Berapa Rakaat"