Niat Tata Cara Puasa Dzulhijjah dan Keutamaannya

Konten []
    Abiabiz.com - Niat tata cara puasa dzulhijjah dan keutamaannya. Dalam agama Islam, bulan dzulhijjah yang terdapat pada kalender hijriyah merupakan bulan yang sangat istimewa karena di bulan itu terdapat satu hari besar bagi umat Islam.

    puasa dzulhijjah

    Hari besar tersebut adalah hari raya idul adha, disebut juga dengan nama lebaran kurban atau hari raya ied. Hari istimewa tersebut merupakan peringatan puncak ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan juga peringatan peristiwa Nabi Ibrahim dan Ismail AS.

    Kemuliaan bulan dzulhijjah tersebut dapat kita manfaatkan untuk memperbanyak amalan ibadah. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan penuh berkah tersebut adalah puasa dzulhijjah.

    Puasa ialah menahan diri dari haus, lapar dan hal-hal yang membatalkan puasa. Puasa pada bulan dzulhijjah dapat dimulai pada tanggal 1 hingga menjelang hari raya idul adha yang jatuh pada tanggal 10 dzulhijjah.

    Di sini kita akan menjelaskan mengenai ibadah puasa sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW ini. Meliputi bacaan niat, tata cara melaksanakan, berapa hari, waktu, dimulai sejak kapan, keutamaan, manfaat, serta faedahnya bagi pelaksana.

    Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah

    niat puasa dzulhijjah

    Hukum puasa dzulhijjah adalah sunnah. Oleh karena itu pengucapan niat puasa dzulhijjah pun terdapat kalimat sunnatal di dalamnya. Niat puasa dzulhijjah dibaca satu kali sehari setiap mulai sejak selesai sholat isya hingga berakhir waktu sahur.

    Meskipun sahur sifatnya sunnah muakkad, namun banyak orang ingin melaksanakannya dan berencana baru membaca niat pada saat waktu makan sahur. Namun ada kalanya manusia terlambat untuk bangun sahur.

    Untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan tersebut, sangat dianjurkan untuk mengucapkan niat puasa dzulhijjah sebelum tidur pada malam hari. Atau lebih utama yakni tepat setelah selesai menunaikan sholat isya.

    Niat merupakan kunci dari sebuah ibadah, penentu apakah puasa sah atau tidak. Maka dari itu, niat harus dibaca dengan sungguh-sungguh, tidak boleh setengah hati apalagi untuk bermain-main, ancamannya dosa.

    Berikut adalah lafadz tulisan bacaan doa teks niat puasa dzulhijjah sesuai sunnah berdasar hadits shahih tulisan Arab, latin dan artinya secara lengkap.

    نويت صوم شهر ذى الحجة سنة لله تعالى 

    Nawaitu shauma syahri dzil hijjati sunnatan lillahi ta’ala.

    Artinya :
    "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala."

    Tata Cara Puasa Dzulhijjah

    Puasa bulan dzulhijjah dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga tanggal 7. Karena pada tanggal 8 ada puasa tasua dan pada tanggal 9 terdapat puasa asyura yang juga menjadi amalan puasa sunnah yang sangat dianjurkan di bulan dzulhijjah.

    Sedangkan untuk tata cara melaksanakannya sama seperti puasa sunnah lainnya. Yakni dimulai dengan membaca niat terlebih dahulu, kemudian sangat dianjurkan untuk makan sahur, lalu berpuasa dengan menahan diri dari lapar, dahaga dan segala hal yang membuat pahala puasa batal.

    Setelah itu, barulah kita boleh berbuka. Waktu berbuka puasa dimulai sejak matahari tenggelam di barat pertanda sudah masuk waktu sholat maghrib. Awali berbuka puasa dengan membaca doa buka puasa, dan jangan rakus untuk menyantap makanan.

    Makan cemilan dan minum air hangat dahulu untuk membatalkan puasa, lalu jeda sebentar dan tunaikanlah sholat maghrib. Setelah selesai, boleh makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi.

    Adapun hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa antara lain tidak berhubungan intim, berizina, makan, minum dan muntah disengaja, kehilangan akal sehat, gila, keluar dari agama Islam, tidak dapat menahan emosi, tindakan, penglihatan, perkataan, pendengaran dan perbuatan.

    Untuk lebih lenkapnya mengenai apa saja sih, hal-hal yang bisa membatalkan puasa? Jawabannya telah ditulis pada halaman lain yakni hal yang membatalkan puasa.

    Keutamaan Puasa Dzulhijjah

    Puasa yang dikerjakan pada awal bulan dzulhijjah memiliki banyak sekali keutamaan, fadhilah, faedah dan semacamnya. Bahkan saking utamanya Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah ini.

    Adapun hal-hal yang menjadi keistimewaan puasa dzulhijjah bagi pelaksananya antara lain sebagai berikut. Dan inilah beberapa manfaat puasa dzulhijjah jika dilaksanaan secara istiqamah.
    • Pertama, merupakan ibadah puasa yang dianjurkan Rasul SAW.
    • Allah SWT akan memberikan keberkahan dan rezeki yang melimpah bagi-Nya.
    • Akan menjamin hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis.
    • Allah SWT akan melipatgandakan setiap amal yang dilakukan pada saat puasa dzulhijjah.
    • Allah AWT menaikkan keduduknannya
    • Allah AWT akan memberi cahaya yang terang untuk menerangi di bulan dzulhijjah.

    Dan masih banyak lagi keutamaan, khasiat, dan masih banyak sekali adab, tata krama, sopan santun, tuntunan, panduan mengerjakan ibadah puasa dzulhijjah.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai niat puasa dzuhijjah, jadwal, keutamaan, kapankah puasa dzulhijjah, bulan dzulhijjah, mp3, download, ebook, pdf, doc, dan masih banyak lagi. Apabila ada pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komentar di bawah.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments