Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha Untuk Anak atau Dewasa

Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha Untuk Anak atau Dewasa
Konten []
    Abiabiz.com - Niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha. Umat muslim memiliki dua hari raya besar, yakni idul fitri yang jatuh pada tanggal 1 syawal dan idul adha yang jatuh pada tanggal 10 dzulhijjah penanggalan hijriyah.

    niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha

    Pada kedua hari raya tersebut, umat muslim baik laki-laki maupun perempuan dianjurkan atau disunnahkan untuk mengerjakan solat ied atau shola i'd, yakni sholat khusus yang dikerjakan hanya pada hari raya idul fitri dan idul adha.

    Sama seperti mandi jumat, untuk menyempurnakan ibadah sholat hari raya, kita dianjurkan untuk mengawalinya dengan mandi sunnah terlebih dahulu. Mandi dilakukan pada pagi hari sebelum keberangkatan menuju masjid tempat sholat ied berjamaah.

    Mengerjakan amalan ini membuat seorang muslim akan dilimpahkan banyak-banyak pahala, serta ini juga dapat menjadi penyempurna ibadah di hari raya. Amalan ini akan menjadi sangat baik apabila kita memakai wangi-wangian, baju yang rapi, memotong kuku dan rambut.

    Amalan mandi sunnah ini bisa dilakukan oleh anak-anak kecil maupun orang yang sudah dewasa dan orang tua. Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai niat mandi pada hari raya idul fitri dan idul adha secara lengkap berikut ini.

    Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

    niat mandi idul fitri

    Bacalah doa berikut ini pada pagi hari sebelum pergi berangkat menuju masjid untuk menunaikan ibadah sholat sunnah idul fitri. Doa bisa dibaca sebelum memasuki kamar mandi sepeti doa mandi biasa maupun ketika sudah berada di dalam kamar mandi seperti mandi wajib.

    Mandi dilakukan dengan membasuh sekujur tubuh menggunakan air bersih dan sabun mandi, termasuk bagian-bagian tubuh yang sulit dijangkau sampai benar-benar bersih seutuhnya. Kemudaian keringkan mengunakan handuk.

    Sangat dianjurkan untuk mulai membersihkan tubuh bagian kanan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan tubuh bagian kiri. Berikut adalah lafadz bacaan doa niat mandi hari raya idul fitri dalam bahasa Arab, latin dan artinya yang benar.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil fithri sunnatan lillaati ta’aala.

    Artinya:
    “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri sunnah karena Allah Taala.”

    Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

    niat mandi idul adha

    Sementara itu, untuk niat mandi pada hari raya idul adha sedikit berbeda, bisa kita lihat pada teks lafadz doa berikut ini. Ini adalah doa niat mandi hari raya idul adha sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

    نَوَي’تُ الغُسلَ لِيَومِ عِي’دِ الاَض’حَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil adhaa sunnatan lillaati ta’aala

    Artinya:
    “Aku berniat mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala.”

    Inti makna atau fadhilah dari kedua doa di atas adalah sama-sama berdoa kepada Allah SWT bahwa mandi yang kita kerjakan bukan mandi biasa, melainkan mandi sebagai amalan pada hari raya lebaran atau hari raya kurban.

    Kesimpulan

    Itulah niat mandi idul fitri, idul adha, hari raya lebaran, untuk anak, remaja, dewasa, orangtua, wanita, perempuan, laki-laki, pria, yang benar, muhammadiyah, nu, tata cara mandi hari raya idul fitri, mandi idul fitri apa harus keramas, wajib atau sunnah dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>