Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Mandi Wajib Setelah Berhubungan Badan dan Tata Caranya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat mandi wajib junub dan tata caranya. Mandi wajib atau mandi junub merupakan tata cara untuk membersihkan diri dari hadats dan najis besar. Bagi yang tidak mandi wajib setelah berhubungan badan, maka sholat dan puasanya tidak akan sah.

niat mandi wajib setelah berhubungan badan

Untuk menyucikan diri sebelum dan sesudah beribadah, kita juga harus melaksanakan wudhu selain mandi wajib ini. Mandi wajib bukan seprti mandi biasa yang dilakukan secara bebas, mandi khusus ini memiliki tata cara dan niat khusus untuk dikerjakan.

Bagi yang telah membaca artikel niat mandi wiladah, maka perlu diketahui bahwa tata cara mandi wajib setelah berjimak ini sangat mirip dengan mandi setelah nifas tersebut. Yang membedakan adalah niat yang dibaca pada saat akan mandi.

Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana bacaan niat mandi wajib setelah berhubungan suami istri yang benar, baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan sesuai sunnah. Selain itu kami juga akan menuliskan tata cara mandi wajib yang lengkap.

Bagi seorang muslim, sangat penting untuk mengetahui ini. Jangan sampai ibadah sholat wajib dan sunnah kita tidak sah hanya karena kita tidak tahu bahwa harus mandi wajib untuk membersihkan hadats besar setelah berhubungan badan. Silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Niat Mandi Wajib Setelah Berhubungan

niat mandi wajib

Niat mandi wajib atau mandi junub ini dibaca setelah kita masuk ke kamar mandi, tentu diawali dengan membaca doa masuk kamar mandi terlebih dahulu. Setelah seluruh pakaian dilepas, barulah doa ini dibaca.

Makna dari doa ini dapat dilihat pada terjemahan, yakni memohon kepada Allah SWT agar mandi yang kita lakukan dapat menghilangkan segala hadats besar yang menempel pada tubuh kita. Agar tubuh kita suci dan bisa beribadah dengan layak.

Berikut adalah bacaan doa niat mandi wajib, mandi junub, mandi besar setelah berhubungan badan dengan pasangan, suami, atau istri, doa mandi wajib untuk laki-laki dan perempuan sesuai sunnah yang benar berdasarkan hadits shahih bahasa Arab, latin dan artinya.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah Taala."

Tata Cara Mandi Wajib yang Benar

Tata cara mandi wajib dimulai dengan menyiapkan seluruh peralatan mandi terlebih dahulu. Jika sudah siap, kemudian masuk ke kamar mandi dengan diawali doa masuk kamar mandi. Setelah masuk kamar mandi bacalah niat mandi wajib di atas.

Proses mandi dimulai dengan membersihkan area vital menggunakan sabun mandi, pastikan sabun sampai merata dan lakukan sebanyak tiga kali. Setelah selesai, dilanjutkan dengan berwudhu dan jangan lupa membaca doa wudhu.

Setelah berwudhu, barulah mandi seperti halnya mandi biasa. Dimulai dari bagian tubuh yang paling atas dan bagian kanan terlebih dahulu. Setelah bagian kanan dirasa telah bersih merata barulah bagian tubuh kiri dibersihkan menggunakan sabun dan air bersih. Lakukan sebanyak tiga kali.

Jangan lupa pakai shampo untuk membersihkan rambut di kepala. Setelah itu, bilas tubuh hingga benar-benar bersih merata, gunakan handuk dan gapai seluruh sudut bagian tubuh hingga tidak ada air yang tersisa. Kemudian pakailah handuk dan keluar dari kamar mandi sambil membaca doa keluar kamar mandi.

Kesimpulan
Sekian pembahasan tentang niat mandi wajib setelah nifas, mimpi basah, berhubungan, haid, laki, niat mandi junub yg benar, setelah berhubungan suami istri, doa mandi wajib setelah menstruasi, keguguran, doa mandi junub hadas besar bagi wanita perempuan, dan lainnya.

Posting Komentar untuk "Niat Mandi Wajib Setelah Berhubungan Badan dan Tata Caranya"