Hukum Puasa Weton Hari Lahir Menurut Islam

Konten []
    Abiabiz.com - Hukum puasa weton hari lahir menurut islam. Ada seorang sahabat bertanya bagaimana sih hukum puasa weton untuk memperingati hari lahir menurut agama Islam? Apakah jenis puasa tersebut ada dalilnya?

    puasa weton wedal

    Di sini kita akan membahas hukum dari puasa weton menurut agama Islam. Selain itu kita juga akan membahas bagaimana cara mengerjakannya. Namun sebelum itu terlebih dahulu kita perlu mengetahui pengertian dari puasa weton ini.

    Pengertian Puasa Weton

    Puasa weton adalah jenis puasa Jawa yang bukan merupakan puasa wajib maupun sunnah. Islam tidak mengenal puasa weton atau yang juga dikenal dengan nama puasa wedal. Puasa ini dilakukan untuk memperingati hari lahir seseorang.

    Selain itu, puasa ini lebih dikenal dengan tirakat atau tapa yang memiliki tujuan lain yaitu untuk menghilangkan segala keburukan seseorang berdasar primbon dari wetonnya masing-masing karena menurut kepercayaan Jawa kuno, setiap orang memiliki sifat dan karakter berdasarkan weton.

    Cara Mengerjakan Puasa Weton

    Cara mengerjakan puasa weton atau wedhal hari lahir ini adalah dengan berpuasa selama 3 hari 3 malam dimulai sejak hari lahir Anda. Misalnya Anda lahir pada Senin Wage maka berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

    Sehari sebelum Senin Wage, yakni pada Minggu Pahing bagi yang ingin mengerjakan puasa weton dianjurkan makan dan minum terlebih dahulu dalam rentang waktu 1 jam antara pukul 6 sore hingga  malam. Setelah itu mulai jam  malam kita berpuasa selama 23 jam dan berbuka pada pukul 6 sore sampai 7 malam.

    Begitu seterusnya dilakukan hingga 3 hari tiga malam. Boleh memakan apa saja tidak seperti puasa mutih yang hanya diperbolehkan makan yang putih-putih saja asalkan tidak lebih dari satu jam antara pukul 6 dan 7.

    Selain itu Anda juga dapat menambah kegiatan dengan bertapa semedi pada malam hari mulai jam 11 hingga 1 dinihari yang tujuannya adalah untuk menghilangkan sifat dan karakter buruk yang ada dalam diri sendiri.

    Hukum Puasa Weton Menurut Islam

    Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa hukum puasa weton adalah tidak boleh dikerjakan apabila dilakukan untuk mengharap ridha Allah SWT. Karena puasa tersebut bukan merupakan macam macam puasa wajib dan sunnah.

    Berbeda dengan puasa ramadhan, qadha, kifarat dan nazar yang merupakan puasa wajib ataupun senin kamis, syawal, daud, arafah ayyamul bidh dan sebagainya yang merupakan ibadah puasa sunnah untuk menambah pahala dari Allah SWT.
    Show comments
    Hide comments